Friday, 17 May 2024
HomeKabupaten BogorDisdagin dan Perumda Pasar Tohaga Sosialisasikan Rencana Pemasangan Informasi Harga Bahan Pokok...

Disdagin dan Perumda Pasar Tohaga Sosialisasikan Rencana Pemasangan Informasi Harga Bahan Pokok di Pasar

Bogordaily.net – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Bogor bekerja sama dengan Perumda Pasar Tohaga gencar sosialisasikan pemasangan harga bahan pokok, di Pasar Tradisional yakni di Cibinong, Sukaraja dan Ciawi.

Kepala Bidang Tertib Niaga Disdagin, Anton Sudjana mengatakan bahwa, pemasangan harga bahan pokok tersebut bertujuan agar memudahkan masyarakat untuk melihat data nilai harga bahan pangan saat akan berbelanja disetiap pasar yang ada di Kabupaten Bogor.

“Sekarang kita sedang sosialisasikan di tiga pasar yakni pasar Cibinong, Sukaraja dan Ciawi. Dan kita juga melihat respon para pedagang disana cukup baik, dan sepakat untuk memberikan informasi harga bahan pokok,” kata Anton Sudjana, Rabu 27 September 2023.

Menurut Anton, bukan hanya itu ia juga meminta kepada PD Pasar untuk mengupdate harga bahan pokok setiap hari, agar masyarakat tidak keliru saat akan berbelanja untuk kebutuhannya sehari-hari.

“Saya juga meminta kepada PD Pasar agar mereka meng-update bahan pokok setiap hari. Dan alhamdulilah semua pihak mulai dari pedagang dan PD Pasar sepakat adanya pemasangan informasi bahan pokok ini,” jelasnya.

Ia mengatakan, bukan hanya menggunakan baliho saja, Anton juga berencana akan mendorong ke Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor agar memberikan informasi bahan pokok menggunakan Vidiotron.

“Bukan cuma buat baliho Tapi saya juga mau dorong untuk di tayangkan di Vidiotron pemda yg ada di Kabupaten Bogor. Agar semua masyarakat mengetahui soal informasi harga bahan pokok ini disetiap pasar,” ujar Anton.

Sementara itu, selain pemasangan informasi bahan pokok Perumda pasar tohaga juga terus berupaya meningkatkan pelayanan untuk para pedagang dan pembeli, agar nyaman berbelanja di pasar.

Direktur Utama Perumda Pasar Tohaga, Haris Setiawan mengatakan, digitalisasi pasar merupakan salah satu program utama yang sedang dicanangkan Perumda Pasar Tohaga.

“Sekarang beberapa pasar di Kabupaten Bogor sudah bisa menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS),” ungkap Haris Setiawan

Ia mengatakan, untuk menciptakan ekosistem digital di lingkungan pasar tentunya perlu kolaborasi yang sinergis dengan semua stakeholder termasuk dengan pihak perbankan dan pedagang yang merupakan mitra utama.

“Kita mulai dengan QRIS dan E-KTB semoga dukungan dari semua pihak guna terciptanya ekosistem digital di pasar. Suport pemerintah daerah, BI, himbara, pedagang, masyarakat sangat kami butuhkan untuk mewujudkan Tohaga Go Digital,” ungkapnya.***

(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here