Thursday, 21 September 2023
HomeKabupaten BogorDiskusi Pemekaran Bogor Barat, Abidin Said Ingatkan Soal Infrastruktur dan IPM

Diskusi Pemekaran Bogor Barat, Abidin Said Ingatkan Soal Infrastruktur dan IPM

Bogordaily.netDiskusi mengenai potensi pemekaran Kabupaten Bogor Barat terus menjadi topik hangat menjelang tahun politik.

Mantan Direktur RY Center dan Korwil ICMI Bogor, , mengemukakan pandangannya mengenai hal ini saat menghadiri diskusi bersama DPRD Provinsi Jawa Barat.

Diskusi ini membahas potensi Pembentukan Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru Kabupaten Bogor Barat dan Kabupaten Bogor Timur di Lorin Sentul Hotel pada Selasa, 19 September 2023.

Mempercepat Realisasi

Menurut , untuk memastikan percepatan , diperlukan pemikiran yang lebih mendalam terkait pengembangan wilayah ini.

Meskipun gagasan pemekaran telah ada sejak 15 tahun lalu, namun hingga kini, pemekaran tersebut belum terealisasi sebagai Kabupaten Mandiri.

Fokus pada Infrastruktur dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM)

menyoroti perlunya fokus pada dua aspek krusial: infrastruktur dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dalam pembentukan .

Ia menilai bahwa selama kurun waktu yang cukup lama, gerakan politik telah mendominasi perbincangan, tanpa memadai memperhatikan peningkatan IPM dan infrastruktur di Kecamatan yang akan dipetakan.

Peran Politik dan Kebutuhan Pendekatan Terstruktur

memandang bahwa peran politik dalam mendorong pemekaran ini cukup penting, namun, perlu ada pendekatan terstruktur yang mencakup tiga parameter kunci: pendidikan, kesehatan, dan daya beli masyarakat.

Tantangan di Bidang Pendidikan, Kesehatan, dan Ekonomi

Ia mencermati tantangan besar di bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.

Dalam konteks pendidikan, hanya sekitar 62.000 orang dari 1,5 juta penduduk di 13 Kecamatan yang direncanakan untuk pemekaran yang dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP.

Adanya ketimpangan dalam ketersediaan fasilitas kesehatan juga menjadi keprihatinan serius, terutama di wilayah pemekaran yang belum memiliki cukup rumah sakit.

Usulan : Komitmen Dukungan Terhadap Infrastruktur dan IPM

mengusulkan agar masyarakat, terutama pada tahun ini, dapat mengundang semua unsur anggota dewan di daerah pemilihan 4 dan 5 untuk menyatakan komitmen mendukung peningkatan infrastruktur dan Indeks Pembangunan Manusia.

Ia juga mengajak anggota dewan provinsi dan pusat untuk turut serta dalam upaya meningkatkan pengembangan wilayah .***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here