Monday, 29 April 2024
HomeKota BogorDPRD Kota Bogor Setujui Perubahan KUA-PPAS 2023

DPRD Kota Bogor Setujui Perubahan KUA-PPAS 2023

Bogordaily.netDPRD Kota Bogor telah menyetujui perubahan dalam Kebijakan Umum Pendapatan dan Belanja Daerah serta Prioritas dan Plafon Sementara (KUA-PPAS) tahun 2023 dalam rapat paripurna pada Rabu 13 September 2023.

Walaupun mereka menyetujui rancangan yang telah diajukan oleh Wali Kota Bogor sebelumnya, Ketua , Atang Trisnanto, menyatakan bahwa ada beberapa catatan yang dibuat oleh DPRD.

Salah satu catatan tersebut adalah bahwa Badan (Banggar) memperhatikan bahwa program bantuan langsung tunai (BLT) untuk masyarakat tidak mampu tidak dimasukkan baik dalam Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Perubahan maupun Perubahan KUA-PPAS 2023, meskipun program ini telah disepakati untuk dimasukkan dalam perubahan APBD 2023 selama Pembahasan APBD Murni 2023.

Atang menyatakan bahwa sangat disayangkan program yang telah disetujui sebelumnya tidak dimasukkan.

“Terutama karena program ini ditujukan untuk warga yang sangat membutuhkan dan belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah sebelumnya,” katanya.

Selanjutnya, Atang menjelaskan bahwa dengan adanya potensi defisit dalam Rancangan Perubahan APBD 2023.

Banggar memberikan catatan agar TAPD dapat melakukan rasionalisasi belanja dengan mengevaluasi dan meninjau kembali belanja daerah di setiap SKPD yang masih memiliki rendah dan program yang tidak mendesak.

Namun, Atang juga menyebutkan bahwa Banggar dan TAPD Kota Bogor telah sepakat untuk memperkuat untuk program dan kegiatan yang langsung berdampak pada masyarakat.

Seperti penebusan ijazah, perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), bantuan kepada warga terdampak bencana, pembangunan infrastruktur publik di berbagai wilayah.

Dan program-program lain yang berkaitan dengan layanan kesehatan serta program kemasyarakatan lainnya.

Catatan berikutnya dari Banggar terkait dengan penurunan pendapatan asli daerah (PAD).

Mereka memberikan catatan agar pendapatan asli daerah (PAD) dalam Rancangan Perubahan APBD 2023 minimal sama dengan yang tercantum dalam Rancangan APBD Murni 2023, dengan harapan TAPD dapat meningkatkan pendapatan asli daerah dalam Rancangan Perubahan APBD 2023.

Dalam Rancangan Perubahan KUA-PPAS 2023, Pendapatan Daerah Kota Bogor diproyeksikan sebesar Rp3,000 triliun, Belanja Daerah sebesar Rp3,089 triliun.

Sementara Pembiayaan Netto sebesar Rp89,222 miliar, dengan rincian Penerimaan Pembiayaan sebesar Rp166,855 miliar dan Pengeluaran Pembiayaan sebesar Rp77,632 miliar.***

Ibnu Galansa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here