Saturday, 4 May 2024
HomeKota BogorGelar Bogor Innovation Award (BIA) 2023, Pemkot Ajak Generasi Muda Lebih Kreatif

Gelar Bogor Innovation Award (BIA) 2023, Pemkot Ajak Generasi Muda Lebih Kreatif

Bogordaily.net Festival Kota Bogor menggelar Bogor Innovation Award (BIA) 2023 di Bogor Creative Center (BCC) pada Jum'at 1 September 2023.

Bogor Innovation Award (BIA) 2023 memperlihatkan sejumlah dari para calon pemenang.

Wali Kota Bogor, Bima Arya, menegaskan pentingnya yang memberikan manfaat yang konkret, bukan hanya sekadar menjadi wacana.

Baginya, adalah hasil dari motivasi, pemikiran terbuka, dan konsistensi.

“Peserta BIA tahun ini melonjak dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, menunjukkan semakin banyaknya individu yang termotivasi untuk berinovasi,” katanya.

Bima Arya berharap Kota Bogor dapat menjadi pusat terdepan di Indonesia dan menciptakan generasi yang lebih kreatif.

Salah satu contoh yang disoroti adalah “ Rubo Rusa Bogor,” yang tidak hanya eksis, tetapi juga memberikan manfaat ekonomi dengan membantu UMKM lokal.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor, Rudy Mashudi, menyatakan bahwa BIA 2023 melibatkan lebih banyak peserta, dan para pemenang akan mendapatkan dukungan untuk melindungi hak kekayaan intelektual mereka serta peluang inkubasi dari IPB University.

Para pemenang BIA 2023 meliputi kategori SMP, SMA, perguruan tinggi, masyarakat, dan Aparatur Sipil Negara (ASN), masing-masing dengan yang beragam seperti pereda demam, aplikasi “Smart Trash,” dan pengembangan posyandu remaja.

Salah satu inovator, Widia Mijtiawati, menjelaskan tentang konsep posyandu remaja untuk mencegah perilaku merokok, minum alkohol, dan infeksi seksual di kalangan remaja, yang telah membantu 324 remaja di Kota Bogor.

“Smart Trash” dari SMKN 4 bertujuan mendidik anak-anak sejak dini agar peduli terhadap lingkungan dengan menggunakan alat sampah pintar yang mengeluarkan suara terima kasih saat sampah dibuang.

Teknologi ini diharapkan dapat menciptakan generasi yang peduli terhadap lingkungan sejak usia dini.***

Ibnu Galansa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here