Thursday, 16 May 2024
HomeBeritaGempa 4,0 M Guncang Bolaang Uki Sulawesi Utara

Gempa 4,0 M Guncang Bolaang Uki Sulawesi Utara

Bogordaily.net dengan kekuatan magnitudo 4,0 mengguncang Bolaang Uki, Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara, hari ini Jum'at 1 September 2023.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melaporkan ggempa bumi terjadi pada Jumat pagi sekira pukul 05.57 WIB.

Adapun koordinat gempa berada di 0,16 Lintang Utara (LU) dan 123,59 Bujur Timur (BT) atau 50 Km Barat Daya Bolaang Uki, Bolaang Mongondow Selatan, Sulut. Kedalaman gempa 118 Km.

Baca juga : Nonton Film One Piece Live Action Episode 1, Cek di Sini

“#Gempa Mag:4.0, 01-Sep-2023 05:57:57WIB, Lok:0.16LU, 123.59BT (50 km BaratDaya BOLAANGUKI-BOLSEL-SULUT), Kedlmn:118 Km #,” tulis , Jum'at 1 September 2023.

kembali mengingatkan data tersebut bisa berubah sesuai analisis lebih lanjut. Namun hingga kini belum ada laporan tentang kerusakan akibat gempa tersebut.

“Disclaimer:Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data,” demikian tulisnya.

Penjelasan

adalah suatu fenomena alam yang terjadi ketika terjadi pergeseran tectonic di bawah permukaan bumi.

dapat terjadi secara tiba-tiba dan sering disertai dengan getaran atau goncangan yang kuat.

Intensitas diukur dengan menggunakan skala Richter atau skala Magnitude, yang mengukur energi yang dilepaskan oleh gempa tersebut.

Pada umumnya, terjadi karena pergerakan lempeng bumi yang bergeser secara horizontal atau vertikal.

Pergerakan ini dapat terjadi karena adanya tekanan dan gesekan di antara lempeng tersebut.

Ketika lempeng bergeser, energi yang dilepaskan akan menyebar dalam bentuk gelombang seismik, yang dapat merambat ke seluruh permukaan bumi.

Baca juga : Sosok Selebgram Palembang Adelia yang Ditangkap Terkait Narkoba

dapat memiliki dampak yang sangat merusak, tergantung pada lokasi, kedalaman, dan kekuatannya.Gempa bumi dapat menyebabkan kerusakan pada bangunan, infrastruktur, dan jalan, serta dapat menyebabkan kehancuran pada lingkungan dan menyebabkan korban jiwa.

Karena itu, penting untuk memahami cara mengantisipasi, merespons, dan meminimalkan risiko dari gempa bumi.

Demikian informasi soal gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 4,0 mengguncang Bolaang Uki, Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara, hari ini Jum'at 1 September 2023.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here