Monday, 29 April 2024
HomeNasionalHari Terakhir Jadi Gubernur Jabar, Ridwan Kamil Beberes

Hari Terakhir Jadi Gubernur Jabar, Ridwan Kamil Beberes

Bogordaily.net–  Ridwan Kamil akan menyelesaikan masa jabatannya sebagai gubernur . Hari ini, Senin, 4 September 2023 merupakan hari terakhir ia menjabat sebagai orang nomor 1 di Tanah Pasundan.

Jelang akhir masa jabatan 5 September 2023, Ridwan Kamil beberes alias berkemas barang – barang pribadinya di rumah dinas Gedung Pakuan, Jalan Cicendo, Kota Bandung.

Aktivitas beberes itu telah dilakukannya bersama istri, Atalia Praratya, sejak Minggu, 3 September 2023.

“Hari ini beres-beres bersama istri saya karena semua ada awal, semua juga ada akhir. Pernah datang dengan semangat di hari pertama dilantik dan di hari terakhir kita akan move on. Meninggalkan tempat yang selama lima tahun menjadi sumber energi, sumber semangat dalam sedih,” ujar Ridwan Kamil dilansir dari laman resmi Pemprov Jabar.

Baca Juga: Jadi Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin Gantikan Ridwan Kamil

Ridwan Kamil menilai kekuasaan bersifat sementara dan tidak bisa dimiliki selamanya. Ibarat kata, setiap masa ada orangnya, setiap orang ada masanya.

“Itulah kehidupan, tidak ada yang di dunia ini kita genggam semua termasuk urusan kekuasaan,” kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Ia pun menghaturkan rasa terima kasih mendalam kepada seluruh warga karena sudah memberi kepercayaan memimpin bersama wakil gubernur Uu Ruzhanul Ulum selama lima tahun.

“Terima kasih warga Jabar, sudah memberikan restu dan semangatnya kepada kami mengabdi. Mudah-mudahan 2018 – 2023 akan diingat sebagai lima tahun yang luar biasa,” kata Ridwan Kamil.

Kenangan Jadi

Sementara itu soal pengalaman atau hal yang paling memorable ketika di Gedung Pakuania dengan tegar dan mata berkaca-kaca ia menyebut bahwa peristiwa almarhum Emmeril Kahn Mumtdz atau Eril merupakan momen berat selama tinggal di Gedung Pakuan.

“Pertanyaannya berat, momen pas Eril, anak kecil yang berpulang,” ungkapnya.

Selama lima tahun berada di Gedung Pakuan, Kang Emil selalu menjaga kehormatan (Gedung) tersebut dengan melakukan kegiatan yang menghadirkan kebermanfaatan.

Kepada Penjabat Gubernur, Ridwan Kamil berpesan agar menjaga Gedung Pakuan yang bersejarah dengan tidak dinodai  hal-hal negatif.

“Ini kehormatan, selama kehormatan itu hadir di gedung ini kita harus amalkan. Makanya tiap pulang (ke sini) mengingat agar selalu amanah menjaga kepercayaan rakyat setiap pulang ke sini dan ini gedung yang teramat istimewa.  Jangan dinodai oleh hal – hal yang tidak amanah selama lima tahun saya jaga,” pesan Ridwan Kamil.

Digantikan Bey Machmudin

Sebelumnya diberitakan, jabatan Ridwan Kamil akan digantikan oelh Bey Machmudin sebagai menjadi Pj .

Kang Emil pun mengucapkan selamat kepada Bey yang akan melanjutkan tugasnya memimpin tanah Pasundan.

“Bapak Bey Machmudin adalah pengganti saya sebagai Penjabat (Pj) Gubernur , mulai hari Selasa depan tanggal 5 September 2023. Sesuai keputusan Bpk Presiden @jokowi. Di tanggal tersebut saya genap menuntaskan tugas jabatan selama 5 tahun,” ujar Ridwan Kamil melalui laman Instagram @ridwankamil.

“Pria kelahiran Bandung ini sebelumnya Deputi Protokol, Pers dan Media, Sekretariat Presiden. Selamat Bertugas Kang Bey,” sambungnya.

Ia menitipkan pesan untuk Bey dan juga siap membantu jika dibutuhkan terkait dengan Jabar.

“Titip cintai warga . Titip pertahankan yang baik-baik dari prestasi . Titip sempurnakan yang kurang-kurang dari pembangunan . Saya selalu siap 24 jam jika dibutuhkan untuk membantu apapun terkait ,” ujarnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here