Sunday, 19 May 2024
HomeNasionalMenjawab Krisis Air di Indonesia, Universitas Pertahanan Gelar Water Security Seminar

Menjawab Krisis Air di Indonesia, Universitas Pertahanan Gelar Water Security Seminar

Bogordaily.net bekerja sama dengan Indonesia Business Post Media menggelar Technology for Indonesia di Aula Merah Putih, , Hambalang Bogor, Jum'at 22 September 2023. Seminar dilaksanakan dalam rangka menjawab ancaman krisis air di Indonesia.

Dalam seminar tersebut menghadirkan pembicara yakni Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto, Rektor RI Mayor Jendral TNI Jonni Mahroza, para pakar air internasional, dan mendatangkan lebih dari 15 perusahaan dalam dam liar negeri yang memiliki teknologi terbaru dan tercanggih.

Rektor RI, Mayor Jendral TNI Jonni Mahroza mengatakan, tujuan dilaksanakanya acara ini adalah untuk memperluas wawasan dan mendapatkan solusi tercapainya ketahanan sumber daya air, dengan menggunakan teknologi paling mutakhir yang sesuai dengan kondisi alam Indonesia guna pertahanan yang kuat.

Baca juga : Geger Virus Nipah, Kenali Cara Mencegah dan Gejalanya

Permintaan Menhan Prabowo

Ia mengatakan, seminar dan pameran terkait Water Security Technology ini merupakan realisasi dari permintaan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto kepada untuk meneliti dan mengembangkan teknologi sumber daya air guna mengatasi krisis air di Indonesia.

“Kegiatan seminar ini sebagai tindak lanjut seruan dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada RI pada 20 September 2022 untuk meneliti teknologi sumber air untuk mengatasi krisis air di Indonesia,” kata Mayor Jendral TNI Jonni Mahroza.

Selanjutnya, Pendiri dan Direktur Media Indonesia Bussines Post, Annelis Putri mengungkapkan bahwa, pihaknya bekerja sama dengan UNHAN RI dengan mengundang lebih dari 15 perusahaan dan pakar teknologi ketahanan air. Baik dari dalam maupun luar negeri.

Annelis menenkankan bahwa, pilihan perusahaan-perusahaan ini didasarkan pada harapan Menteri Pertahanan RI dan Rektor UNHAN RI bahwa teknologi mereka dapat mendukung revolusi manajemen air dan ketahanan air Indonesia.

Water Security

“Water Security adalah kemampuan untuk memastikan akses yang berkelanjutan terhadap air bersih yang cukup untuk kehidupan, baik pembangunan ekonomi, perlindungan terhadap polusi air dan bencana terkait air, serta pelestarian ekosistem,” ujar Annelis Putri.

Sebagai informasi, krisis air bersih menjadi salah satu ancaman paling nyata yang akan dihadapi Indonesia dan negara-negara lain di seluruh dunia.

Berdasarkan laporan yang diterbitkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dioreyeksikan bahwa pada tahun 2025, seluruh bumi akan mengalami krisis air.

Baca juga : Sinopsis Sleep Call: Cinta Virtual dan Misteri Dunia Nyata

PBB juga memperkirakan pada tahun 2030, kebutuhan air tawar global akan meningkat sekitar 40 persen lebih tinggi daripada ketersediaanya saat ini, sebagai akibat dari perubahan iklim, aktivitas manusia, dan pertumbuhan penduduk.

Setelah Cape Town yang beberapa waktu lalu mengalami krisis air bersih, sebelas kota lain yang juga terancam mengalami hal yang sama yaitu Sao Paulo, Banglaroe, Beijing, Kairo, Jakarta, Moskwa, Istanbul, Mexico City, London, Tokyo dan Miami.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here