Tuesday, 14 May 2024
HomeKabupaten BogorPemkab Bogor Kembangkan Layanan Kesehatan Agromaritim

Pemkab Bogor Kembangkan Layanan Kesehatan Agromaritim

Bogordaily.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong bekerja sama dengan IPB University, mengembangkan inovasi layanan kesehatan agromaritim berbasis one health, demi mewujudkan Karsa Bogor Sehat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina usai membuka acara simposium medis yang diselenggarakan , di Ballroom Gedung STP IPB, Kota Bogor, Kamis 14 September 2023.

Mike Kaltarina mengatakan, Indonesia kaya akan sumber daya alam dan sumber hayati baik laut maupun tanaman obat, banyak sekali yang bisa dieksplor lebih jauh untuk menjadi obat-obatan andalan mengatasi masalah kesehatan kita.

Tentunya kata Mike, hal tersebut bisa menguatkan dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, bukan hanya dari obat-obatan farmasi saja.

“Peluang ini ditangkap oleh menjadi sebuah inovasi bekerjasama dengan IPB university sebagai pihak yang akan melakukan riset untuk mengembangkan layanan kesehatan agromaritim berbasis one health dengan memanfaatkan berbagai sumber daya di bidang agromaritim untuk bisa memecahkan masalah kesehatan,” kata Mike Kaltarina.

Ia berharap bahwa, pengembangan-pengembangan inovasi seperti ini bisa menguatkan dan memperluas cakupan pelayanan kesehatan, yang tentunya harus berbasis profesionalisme serta berbasis riset. Sebagai wujud komitmen dalam mewujudkan Karsa Bogor Sehat.

“Karena mewujudkan Karsa Bogor Sehat bukan hanya soal fasilitas kesehatan, bukan hanya soal akses kesehatan, tetapi bagaimana mengembangkan inovasi berbasis riset untuk memecahkan masalah kesehatan di Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Selanjutnya, Direktur , Yukie Meistisia Anandaputri Satoto mengungkapkan, simposium medis mengangkat tema strategi pelayanan kesehatan agromaritim berbasis one health, sekaligus membangun jejaring untuk mengimplementasikan inovasi layanan  Bogor Hade.

Dan dibahas bagaimana peran Fakultas Kedokteran IPB University mengembangkan layanan kesehatan agromaritim berbasis one health dalam mendukung pelayanan kesehatan di Kabupaten Bogor.

“Kemudian konsep one health itu adalah konsep baru di dunia kesehatan dimana harus ada sinergi antara kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan, konsep ini juga sedang dikembangkan oleh Fakultas Kedokteran IPB. Kerjasama antara dengan IPB University ini diharapkan bisa melahirkan inovasi baru di dunia kesehatan,” ujar Yuki.***

Albin Pandita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here