Saturday, 22 June 2024
HomeNasionalProfil Eko Prawoto, Arsitek yang Meninggal Dunia

Profil Eko Prawoto, Arsitek yang Meninggal Dunia

Bogordaily.net yang dikenal sebagai arsitek meninggal dunia pada usia 65 tahun pada Rabu, 13 September 2023. Kabar duka disampaikan pihak Yayasan Arkom Indonesia.

“Telah berpulang guru, inspirasi, teman, dan sosok yang baik bagi kami, Pak Eko Agus Prawoto pada hari Rabu, 13 September 2023 pada usia 65 tahun. Semoga amal ibadah-Nya diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Selamat jalan, Pak. Doa terbaik untukmu,” tulis Arkom Indonesia melalui akun Instagram @arkomindonesia.

Eko merupakan arsitek yang juga pembina Arkom Indonesia. Ia dikabarkan meninggal dunia usai mendapat perawatan di rumah sakit.

Eko Agus Prawoto adalah arsitek Indonesia. Eko lahir pada 13 Agustus 1958 dan berusia 65 tahun.

Awalnya ia merupakan mahasiswa Jurusan Arsitektur Universitas Gadjah Mada angkatan 1977.  Lalu pada 1985, Eko mengawali kariernya sebagai dosen dengan merintis pendirian Jurusan Arsitektur di Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta hingga saat ini.

Eko kemudian melanjutkan program S2-nya di The Berlage Institute Amsterdam dan selesai pada 1993.

Dalam karyanya ia kerap menonjolkan lokalitas nusantara seperti penggunaan bahan-bahan bangunan dari daerah atau lokal serta menyelaraskan dengan alam Indonesia.

Ia lebih senang menggunakan bahan-bahan yang bersifat alami. Seperti kayu, bambu, batu alam, maupun recycle elements berupa batu bata bekas, pecahan kramik bekas, hingga kusen dan daun pintu jendela bekas.

Tak hanya itu ia juga menjadi pembina di Yayasan Arkom Indonesia.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here