Sunday, 28 April 2024
HomeKabupaten BogorProgram Tanggap Ancaman Narkoba: Pemkab dan BNN Kabupaten Bogor Sinergi 

Program Tanggap Ancaman Narkoba: Pemkab dan BNN Kabupaten Bogor Sinergi 

Bogordaily.net– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bersinergi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan berbagai program terkait tanggap ancaman. Khususnya di wilayah Kabupaten Bogor.

Sub Koordinator Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya dan Agama Kesbangpol Kabupaten Bogor, Tb. Lucky Surya Gunawan mengatakan, tanggap ancaman narkoba telah dilakukan di Kabupaten Bogor melalui beberapa program.

Seperti kegiatan pencanangan desa dan kelurahan bersih narkoba. Lalu pengukuhan duta anti narkoba yang diketuai oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor, edukasi dan sosialisasi bahaya ancaman peredaran narkoba.

Tentunya kata Lucky, dengan menggandeng para pelajar, pramuka dari tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga desa, karang taruna dan guru BK. Bahkan pihaknya rutin melakukan tes urin secara secara mendadak ke 11 Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Bogor.
“Ini akan terus konsisten kami lakukan demi terwujudnya Kabupaten Bogor bersih narkoba,” kata Lucky Surya Gunawan dalam pemaparanya, Rabu 27 September 2023.

“InsyaAllah beberapa kegiatan yang akan kami lanjutkan di tahun 2024 mendatang yakni, workshop bagi 20 calon Desa/Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar), Training Of Trainer (TOT) pemuda penyuluh anti narkoba di 40 Kecamatan,” tambahnya.

Sosialisasi di Sekolah hingga Desa

Kemudian kata Lucky, TOT nantinya akan disosialisasikan juga kepada guru BK tingkat SMP/sederajat, serta deteksi dini melalui tes urine secara rutin di PD, Kecamatan, Desa, Kelurahan, BUMD dan pihak swasta yang ada di wilayah Kabupaten Bogor.

Selanjutnya, Ketua AKBP Renny Puspita mengatakan, mengantisipasi masuknya peredaran narkoba ke wilayah Kabupaten Bogor perlu perhatian khusus dari semua pihak mengingat wilayah Kabupaten Bogor yang luas.

Ia menyebut sinergi antara , BNN Pusat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor juga pihak swasta melalui konsolidasi ini menjadi hal penting yang harus dilakukan.

“Di Kabupaten Bogor sebetulnya sinerginya sudah terjalin dengan baik. Namun itu saja tidak cukup perlu peningkatan dari Kabupaten Bogor tanggap antisipasi ancaman narkoba menjadi sangat tanggap. Artinya kewaspadaannya meningkat sehingga kita bisa bersama-sama mewujudkan Kabupaten Bogor bersih narkoba,” ungkap Renny.(Albin Pandita)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here