Monday, 29 April 2024
HomeKabupaten BogorPuluhan Kendaraan Plat Merah Milik Pemkab Bogor Uji Emisi di Stadion Pakansari

Puluhan Kendaraan Plat Merah Milik Pemkab Bogor Uji Emisi di Stadion Pakansari

Bogordaily.netPuluhan kendaraan berplat merah milik melakukan tahap dua. Kegiatan dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup berkolaborasi dengan Dinas Perhubungan dan stakeholder lainnya di Stadion Pakansari, Cibinong, Rabu 6 September 2023.

Berdasarkan pantauan Bogordaily.net terlihat, puluhan kendaraan dinas tengah mengantre untuk melakukan yang dilakukan oleh Pemkab Bogor.

Adapun untuk kendaraan yang tidak masuk antrian hari ini akan diuji di hari berikutnya karena kegiatan akan terus berlanjut.

Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Bambam Setia Aji mengatakan, untuk kendaraan yang lulus akan didata masuk ke aplikasi milik Kementerian Lingkungan Hidup.

Sementara yang belum lulus, sesuai peraturan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 8 Tahun 2023 tentang Penerapan Baku Mutu Emisi Kendaraan Bermotor.

Baik plat merah maupun plat hitam tidak akan bisa memperpanjang STNK, nomor kendaraan yang sudah lulus atau tidak akan terlihat melalui sistem aplikasi.

tahap ke satu, kemarin kita coba untuk 100 kendaraan umum, dari 100 kendaraan terdapat 16 yang tidak lulus . Rencananya minggu depan akan ada untuk kendaraan plat hitam,” kata Bambam Setia Aji, Rabu 6 September 2023.

Menurutnya, kegiatan akan terus berlanjut dan pihaknya mengajak berbagai stakeholder untuk senantiasa mendukung kegiatan tersebut.

“Tempatnya akan diinformasikan lebih lanjut.  Yang jelas, melakukan kegiatan ini tidak bisa bekerja sendiri, kami mengajak beberapa pihak yang berkompeten,” jelasnya.

Ia juga turut mengimbau, masyarakat dapat memelihara kendaraannya dengan baik. Lalu mempergunakan bahan bakar non-subsidi yang oktannya lebih tinggi agar pengapian bahan bakarnya lebih bagus.

“Tingkat pencemaran udara, khususnya di wilayah Jabodetabek ini sedang tinggi-tingginya, menggunakan bahan bakar yang oktannya tinggi adalah salah satu langkah kecil yang bisa kita sumbangkan untuk mengurangi pencemaran udara di wilayah Jabodetabek,” ujar Bambam Setia Aji.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here