Sunday, 12 May 2024
HomeBerita6 Tips Beli HP Online Agar Aman dan Terhindar dari Penipuan

6 Tips Beli HP Online Agar Aman dan Terhindar dari Penipuan

Bogordaily.net – Sekarang beli smartphone tidak perlu repot pergi ke offline store, karena Anda bisa membelinya secara online di marketplace. Namun pastikan Anda mengetahui setiap prosedur pembelian dan agar tidak bermasalah nantinya.

Seperti yang Anda ketahui sendiri kalau online shopping sedang marak di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan adanya kemudahan yang ditawarkan, kini menjadi kebiasaan baru termasuk saat hendak membeli smartphone.

6 Agar Aman
Meskipun menawarkan sejumlah keunggulan tersendiri dalam prosesnya, tapi online shopping juga sangat rawan terhadap penipuan apalagi bagi alat elektronik.

Jika Anda tidak berhati-hati dalam membelinya, bisa saja produk yang dibeli tidak sesuai dengan pesanan yang menyebabkan Anda rugi besar. Dan berikut ini adalah tipsnya!

1. Ketahui Reputasi Toko
Hal pertama yang harus Anda lakukan saat pertama kali membeli smartphone online adalah mengetahui reputasi toko atau marketplace tempat Anda membeli produk HP. Perlu Anda ingat bahwa reputasi merupakan kunci utama untuk mendapatkan barang berkualitas saat .

Saking ketatnya persaingan di dunia digital, banyak toko-toko yang menawarkan harga miring tapi kualitas produknya belum terjamin. Sebaiknya Anda membeli smartphone dari toko resmi agar terhindar dari penipuan sekaligus bisa mendapatkan garansi khusus.

2. Bandingkan Harga
Tahukah Anda, biasanya harga smartphone di marketplace terbilang lebih murah dibandingkan belanja di offline store. Meski begitu, Anda tetap harus membandingkan harga setiap produk di beberapa toko untuk mengetahui berapa harga pasaran dari produk smartphone tersebut.

Mulailah dengan membandingkan harga dari toko resmi dan sejumlah toko terpercaya lainnya. Jika Anda sudah mendapatkan gambaran berapa harga pasarannya, Anda bisa langsung menentukan akan beli di toko mana yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Cek Deskripsi Produk dengan Jelas
Karena Anda tidak bisa mengetahui keadaan produk secara langsung, maka hal yang harus dilakukan yaitu mengecek deskripsi dengan jelas dan teliti. Pada bagian deskripsi biasanya akan tercantum spesifikasi lengkap hingga kelengkapan barang yang ditawarkan.

Adanya perbedaan pada spesifikasi harus Anda ketahui sejak awal demi memastikan produk yang dibeli sesuai harapan. Jangan lupa pastikan smartphone tersebut sudah dilengkapi garansi resmi atau hanya garansi distributor sekalipun agar terjamin aman.

4. Manfaatkan Voucher
selanjutnya adalah manfaatkan voucher agar belanja semakin hemat. Biasanya toko-toko elektronik akan menawarkan voucher menarik seperti potongan harga, cashback, hingga gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia.

Selain voucher, ada juga promo event kalender yang sering diberikan marketplace kepada pengguna pada tanggal-tanggal tertentu. Anda wajib stay tune di beberapa tanggal seperti saat memperingati ulang tahun, tanggal kembar, atau hari besar tertentu.

5. Pilih Metode Pembayaran yang Paling Aman
Metode pembayaran juga menjadi salah satu hal yang wajib Anda perhatikan saat membeli HP secara online. Marketplace akan menyediakan sejumlah metode yang Anda inginkan seperti COD, transfer bank, kartu debit, kartu kredit, hingga PayLater.

Anda hanya perlu memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kemampuan. Namun pastikan untuk menghindari pembayaran Pay Later agar Anda tidak terjerat hutang. Ingat juga setiap metode memiliki suku bunga tertentu yang harus Anda pertimbangkan.

6. Gunakan Metode Pengiriman Terbaik
Agar produk smartphone yang Anda beli bisa sampai ke tangan Anda dengan aman dan selamat, pastikan Anda memilih metode pengiriman terbaik. Anda tinggal menggunakan jasa ekspedisi yang sudah bekerjasama dengan marketplace tersebut sehingga sudah terjamin kredibilitasnya.

Sebaiknya Anda mempertimbangkan kemudahan komunikasi hingga tarif yang diberikan dalam memilih jasa ekspedisi yang tepat. Pasalnya setiap jasa menawarkan tarif dan pelayanan yang berbeda kepada pelanggan.

yang paling penting adalah Anda harus belanja di marketplace terpercaya, salah satunya Blibli. Sekarang Anda bisa membeli banyak keluaran ponsel terbaru seperti HP Samsung A05S, atau puluhan produk lainnya dengan mudah hanya di Blibli. Jangan lupa klaim promo menarik yang ditawarkan agar belanja smartphone semakin menyenangkan bersama Blibli.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here