Saturday, 4 May 2024
HomeOtomotifDibandingkan Solar Biasa, Ini Kelebihan Dexlite

Dibandingkan Solar Biasa, Ini Kelebihan Dexlite

Bogordaily.net– Bahan bakar jenis memiliki kelebihan dibandingkan dengan solar biasa. Apa saja kelebihan bahan bakar jenis ?

Kisah pengendara yang membeli BBM jenis diduga mendapat solar biasa viral di media sosial.  Cerita ini dibagikan salah satu pengguna melalui Instagram @bogordailynews. Dalam keterangannya ia merasa ada yang janggal.

“Saya konsumen pengguna , beberapa hari kemarin diberitahukan bengkel resmi langganan kami kalau BBM yang saya pakai adalah solar,” ungkapnya.

Ia pun berupaya mengecek apakah BBM yang dipakainya benar-benar solar dan bukan .

“Mohon bantuan investigasi keaslian BBM jenis yang dijual kepada konsumen di dua  SPBU di Cibinong, bahkan mungkin di beberapa SPBU lainnya. Karena dari ciri fisiknya menunjukan warna solar. Mereka bilang itu adalah dengan warna coklat berbuih,” sambungnya.

Kelebihan

Pertamina mengeluarkan bahan bakar atau bisa disebut juga solar Dexlite untuk jenis kendaraan bermesin diesel.  Bahan bakar ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan solar. Salah satunya membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Berikut kelebihan Dexlite dirangkum dari laman My Pertamina.

Melindungi Mesin

Dexlite memiliki kandungan cetane 51 dan sulfur 1200 part per million (ppm). Dengan kandungan tersebut membuat bahan bakar ini mampu melindungi mesin kendaraan kita dengan baik.

“Bahan bakar ini memiliki Ecosave Technology, yang mampu melindungi mesin dari karat. Sehingga membuat mesin lebih terlindungi serta menjadi awet dan tahan lama,” tulis keterangan di laman Mypertamina.id.

Dengan teknologi tersebut maka tak perlu ke bengkel untuk membersihkan karat yang ada di mesin dan tangki bensin.

Selain itu dengan kandungan sulfur yang rendah serta sudah standar Euro 4 membuat mesin mobil menjadi lebih ramah lingkungan.

Lebih Hemat

Dexlite juga dianggap lebih hemat. Kelebihan ini sudah teruji melalui Lembaga Afiliasi Penelitian Indonesia (LAPI) ITB dengan menggunakan 2 unit bus Mercedes Benz Double Decker dan Hino RN.

Hasil yang didapatkan merupakan pemakaian Dexlite lebih hemat 9% dibandingkan dengan solar. Untuk perbandingannya 1 liter Dexlite rata-rata kendaraan mampu menembuh jarak 16 km sampai 20 km, sedangkan untuk solar hanya 12 km sampai 14 km.

Mesin Jadi Lebih Bertenaga

Selain itu Dexlite dianggap membuat mesin lebih bertenaga karena angka cetane yang tinggi dan lebih bersih dibandingkan dengan solar.

Bahan bakar ini mampu membuat suara mesin lebih senyap tetapi lebih bertenaga. Bahan bakar ini juga lebih ramah lingkungan karena hasil emisi yang lebih rendah dibandingkan dengan solar.

Demikian kelebihan Dexlite dibandingkan dengan solar biasa.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here