Monday, 13 May 2024
HomeKabupaten BogorDinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor Berikan Penghargaan Bagi Para Pengelola...

Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor Berikan Penghargaan Bagi Para Pengelola Arsip Perangkat Daerah  

Bogordaily.netDinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Kabupaten Bogor, memberikan penghargaan Pengelola Kearsipan Terbaik bagi Perangkat Daerah, yakni dinas, RSUD dan kecamatan.

Dalam kegiatan tersebut turut diberikan juga penghargaan bagi pemenang lomba di bidang perpustakaan di Ruang Rapat 1 Setda, Cibinong, Kamis 12 Oktober 2023.

Plt Kepala dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor, Nana Mulyana mengatakan bahwa, terselenggaranya acara ini agar meningkatkan kesadaran bahwa penataan perpustakaan dan kearsipan yang profesional sangat penting bagi masyarakat.

Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor Berikan Penghargaan Bagi Para Pengelola Arsip Perangkat Daerah 
dan Perpustakaan Daerah (DAPD) saat memberikan penghargaan Pengelola Kearsipan Terbaik bagi Perangkat Daerah, yakni dinas, RSUD dan kecamatan di Ruang Rapat Setda 1 Cibinong, Kamis 12 Oktober 2023. (Albin/Bogordaily.net)

Menurutnya, pengelolaan perpustakaan dan arsip yang baik akan mendukung kinerja aparatur pemerintah dalam melayani masyarakat. Hal ini sesuai dengan tagline kami yakni “Ärsip dan Perpustakaan Untuk Kesejahteraan Masyarakat”.

“Hadirnya dan Perpustakaan Daerah harus membawa dampak positif dan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Bogor,” kata Nana Mulyana, Kamis 12 Oktober 2023.

Ia menjelaskan, penghargaan diberikan berdasarkan hasil penilaian dari pengawasan pengarsipan internal atau Audit Sistem Kearsipan Internal (ASKI) yang telah dilaksanakan terhadap 32 dinas, 4 RSUD dan 40 kecamatan di lingkungan Pemkab Bogor, sehingga menghasilkan 6 peringkat teratas untuk masing-masing kategori.

“Berkat hasil pengelolaan kearsipan yang sangat memuaskan ini, dan Perpustakaan Daerah berhasil mendapatkan penghargaan pengawasan kearsipan tingkat nasional selama dua tahun berturut-turut,” jelasnya.

Ia menambahkan, pada tahun 2021 dan 2022 dengan nilai AA atau sangat memuaskan. Tahun 2023 ini pihaknya menantikan hasil penilaian.

“Semoga mendapatkan juara mendapatkan penghargaan tingkat nasional untuk ketiga kalinya,” ujar Nana Mulyana.

Selanjutnya, Mewakili Bupati Bogor, Asisten Administrasi Kabupaten Bogor, Ade Jaya Munadi mengungkapkan, arsip saat ini menjadi salah satu elemen kunci dalam pembangunan pemerintahan yang modern.

Pengelolaan arsip secara digital, profesional dan transparan akan menjamin ketersediaan akses data dan informasi yang dapat dimanfaatkan oleh aparatur maupun pemangku kepentingan untuk mendukung fungsi dan kinerja setiap organisasi pemerintah.

“Saya harap penghargaan ini semakin memotivasi dan menginspirasi seluruh perangkat daerah dan kecamatan lingkup Pemerintah Kabupaten Bogor untuk mengelola arsip secara rapi, tersusun dan terpercaya sebagai bukti akuntabilitas kinerja dan tulang punggung manajemen pemerintahan dan pembangunan,” ungkap Ade Jaya.***

(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here