Sunday, 14 July 2024
HomeOpiniElly Rachmat Yasin: PPP Dorong Kemakmuran Rakyat Diutamakan di Setiap Kegiatan Ekonomi

Elly Rachmat Yasin: PPP Dorong Kemakmuran Rakyat Diutamakan di Setiap Kegiatan Ekonomi

daulatrakyat.comAnggota MPR RI, , berdialog bersama ratusan masyarakat, sekaligus menyerap aspirasi warga yang dilaksanakan di Kopi Demang, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, pada Senin, 16 Oktober 2023.

Kegiatan ini bertema “Ekonomi Kerakyatan yang Berkeadilan.”

, yang ditugaskan oleh Fraksi Partai Persatuan Pembangunan sebagai Anggota Komisi VI DPR RI dan Wakil Sekretaris Fraksi di MPR RI, mengutarakan pentingnya mewujudkan perekonomian yang berkeadilan di Indonesia.

“Perekonomian yang diinginkan adalah bukan ekonomi kapitalis, liberalis, atau komunis, melainkan perekonomian kerakyatan atau sistem Perekonomian Pancasila,” katanya.

Elly Rachmat Yasin: PPP Dorong Kemakmuran Rakyat Diutamakan dalam Setiap Kegiatan Ekonomi

Selama sepuluh tahun terakhir, kata dia, pertumbuhan ekonomi nasional berada dalam kisaran 4 hingga 5 persen, jauh dari target 7 persen yang dijanjikan oleh Presiden Jokowi.

Hal ini dipengaruhi oleh dampak wabah virus Covid-19 yang mengguncang perekonomian global pada tahun 2020 hingga 2022.

Dampaknya termasuk PHK sebanyak 73 ribu karyawan dan diperkirakan 500 ribu tenaga kerja akan terkena PHK tahun ini.

Sebanyak 32 juta dari 65 juta UMKM di seluruh Indonesia juga mengalami kesulitan, dengan kredit macet tinggi dan masalah perekonomian lainnya.

Menghadapi tahun 2024, tahun terakhir Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf, diperlukan upaya bersama untuk pemulihan dan menjaga ketahanan ekonomi nasional.

“Salah satu fokusnya adalah mendorong produktivitas UMKM yang merepresentasikan 99 persen pelaku usaha di Indonesia. Prinsip utama adalah memprioritaskan kemakmuran rakyat dalam setiap kegiatan ekonomi, menciptakan perekonomian yang adil sesuai dengan Pasal 33 UUD 1945,” tegasnya.

Ia menegaskan, sebagai langkah optimistis, diharapkan pertumbuhan ekonomi mencapai 5 persen atau lebih sesuai target yang tercantum dalam APBN 2024.

“Dengan berupaya bersama, diharapkan perekonomian Indonesia akan memasuki periode yang lebih makmur dan adil bagi seluruh rakyat,” demikian disampaikan oleh Anggota MPR RI, Fraksi , .***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here