Monday, 29 April 2024
HomeKota BogorJelang Hari AIDS Sedunia: Pentingnya Peran Serta Masyarakat dalam Mendukung Orang dengan...

Jelang Hari AIDS Sedunia: Pentingnya Peran Serta Masyarakat dalam Mendukung Orang dengan HIV

Bogordaily.net – Jelang peringatan 1 Desember 2023 mendatang, Female Plus kembali mengingatkan pentingnya peran serta masyarakat dalam mendukung individu yang hidup dengan HIV atau orang dengan HIV atau ODHIV.

Bonni Sofianto selaku Advocacy Officer Female Plus dan relawan pada Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bogor mengatakan meski telah ada kemajuan signifikan dalam pengobatan dan pemahaman tentang HIV, stigma dan diskriminasi masih menjadi hambatan besar dalam upaya mengakhiri HIV/ AIDS pada 2030.

Menyambut 1 Desember 2023 Female Plus dan relawan KPA Kota Bogor, kata Bonni melakukan pertemuan diketuai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Syarifah Sofiah. Pertemuan digelar di ruang rapat Sekda Pemkot Bogor bersama stakeholders terkait.

Pada pertemuan persiapan peringatan Kota Bogor 2023 Selasa, 24 Oktober 2023 Bonni menyebut beberapa alasan mengapa peran serta masyarakat sangat penting dalam mendukung orang dengan HIV.

Dibutuhkan Empati  

“Pertama, mengurangi stigma dan diskriminasi. Masyarakat yang terdidik tentang HIV cenderung lebih empati dan tidak memberikan cap buruk/stigma dan mendiskriminasi orang yang hidup dengan virus ini,” ujar Bonni dalam keterangan yang diterima Bogordaily.net.

Edukasi dan pemahaman yang lebih baik menurutnya, dapat membantu mengurangi stigma sosial yang sering kali dialami oleh individu yang hidup dengan HIV.

Kedua, mendorong pemeriksaan HIV dan perawatan dini. Ketika masyarakat mendukung dan memberikan lingkungan yang aman, menurut Bonni, individu lebih mungkin untuk mengambil langkah-langkah untuk melakukan pemeriksaan HIV dan mencari perawatan yang diperlukan jika hasilnya positif.

“Pemeriksaan dan perawatan dini adalah kunci dalam mengatasi HIV dengan lebih baik,” sambungnya.

Ketiga, menghentikan menularan. Dengan memahami bagaimana HIV ditularkan, masyarakat dapat membantu mencegah penularan lebih lanjut. Edukasi mengenai penggunaan alat pencegahan (kondom dan alat suntik steril bagi pengguna NAPZA suntik). Lalu pengurangan risiko, dan pengetahuan tentang HIV dapat membantu mencegah penyebaran virus.

Keempat, dukungan emosional. Orang yang hidup dengan HIV mungkin memerlukan dukungan emosional ekstra. Keluarga, teman, dan masyarakat secara keseluruhan diharapkan dapat memberikan dukungan yang sangat dibutuhkan.

Hal tersebut dilakukan untuk membantu mereka mengatasi tantangan fisik dan emosional yang dihadapi.

Ajak Masyarakat Peduli 

Alasan kelima yakni advokasi dan kesadaran. Masyarakat yang peduli dapat berperan dalam mengadvokasi untuk dana penelitian lebih lanjut, akses yang lebih baik ke perawatan, dan kebijakan yang mendukung orang dengan HIV.

Bonni menjelaskan, mereka juga dapat membantu meningkatkan kesadaran tentang HIV dan menghilangkan prasangka.

“Oleh sebab itu peran serta masyarakat dalam mendukung orang dengan HIV tidak bisa diremehkan dan dirasa sangat penting,” ujar Bonni.

Ketika bekerja sama untuk mengurangi stigma, mendukung pengujian dan perawatan, serta menyebarkan pemahaman yang benar tentang HIV, maka Bonni menilai dapat membuat dunia yang lebih baik.

“Individu yang hidup dengan HIV merasa didukung dan memiliki kesempatan untuk hidup hidup yang sehat dan bahagia. Mari bersama-sama berperan dalam mengakhiri stigma seputar HIV dan menciptakan masyarakat yang inklusif dan peduli,” ajaknya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here