Sunday, 28 April 2024
HomeKabupaten BogorKabupaten Bogor Cadangkan 298 Ton Beras Antisipasi Bencana

Kabupaten Bogor Cadangkan 298 Ton Beras Antisipasi Bencana

Bogordaily.net– mencadangkan sebanyak 298 ton. Persediaan ini difungsikan jika terjadi bencana alam.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan , Asep Mulyana mengatakan pihaknya memiliki persediaan pangan saat ini sekitar 298 ton.

“Kami cadangkan jika terjadi bencana alam seperti kebakaran, banjir, longsor, puting beliung. Jadi bukan hanya menghadapi dampak elnino (kekeringan) yang menyebabkan gagal panen,” kata Asep.

Ia menjelaskan bahwa berdasarkan laporan sementara yang masuk sudah terdapat 27 hektar lahan di yang gagal panen tahun ini.

“Tersebar di beberapa kecamatan,” imbuhnya.

Asep mengaku masih terus berkoordinasi dengan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) untuk memastikan persediaan aman di daerahnya.

“Untuk menyalurkan cadangan tersebut, kami dari DKP masih menunggu pernyataan bencana dari dinas terkait. Kalau sudah lengkap baru kita intervensi,” ujarnya.

Beralih ke Nonberas

Pada sisi lain, sesuai imbauan Bupati Bogor, Kadis Ketahanan Pangan ini juga mengajak masyarakat untuk beralih mengonsumsi komoditas-komoditas lain selain beras.

“Kami sangat setuju. Apalagi ketersediaan beras, harga beras tinggi, seperti yang disampaikan Bupati, untuk beralih ke komoditas lain seperti singkong, ubi, sorgum, dan jenis pangan lainnya,” ungkapnya.

Asep mengakui bahwa beralih kebiasaan mengonsumsi beras ke komoditas pangan lain bukanlah hal mudah.

“Susah memang. Pemda sendiri sekarang mulai menerapkan di beberapa desa memanfaatkan dana ketahanan pangan untuk memfasilitasi petani setempat menanam sorgum dan jenis pangan lain selain beras. Kami juga mulai melakukan sosialisasi dan mengirimkan surat edaran,” paparnya.(Acep Mulyana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here