Monday, 20 May 2024
HomeKabupaten BogorKades dan Lurah Diminta Optimalkan Gali Potensi Pendapatan Daerah Lewat Aplikasi Lapor...

Kades dan Lurah Diminta Optimalkan Gali Potensi Pendapatan Daerah Lewat Aplikasi Lapor Pak 

Bogordaily.net– Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin meminta kepala desa dan lurah untuk lebih menggali potensi pendapatan daerah dengan aplikasi Lapor Pak.

Hal ini diungkapkan Burhanudin saat mewakili Bupati Bogor pada acara Sosialisasi Sistem Informasi Pelaporan Data Potensi Pajak dan Retribusi Daerah di Wilayah Desa dan Kelurahan Melalui Aplikasi “Lapor Pak”, di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Selasa 3 Oktober 2023.

Mewakili Bupati Bogor, Sekda Burhanudin mengungkapkan, terus berinovasi guna mengoptimalkan segala potensi sumber pendapatan untuk mendanai kebutuhan belanja daerah dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan.

“Saya harap, kehadiran aplikasi “Lapor Pak” menjadi salah satu solusi untuk mengoptimalkan penggalian potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Khususnya pajak dan retribusi daerah yang ada di desa serta kelurahan se-Kabupaten Bogor,”  kata Burhanudin.

Ia mengatakan, keberadaan aplikasi “Lapor Pak” harus dapat memotivasi desa agar semakin optimal menggali potensi pendapatan daerah.

Semakin besar potensi pendapatan maka semakin besar potensi Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah (BHPRD) yang akan diterima desa.

Begitu juga dengan kelurahan, agar mendukung program pelaporan ini.
Meskipun kelurahan tidak secara langsung mendapatkan BHPRD, hal ini menjadi pertimbangan terkait anggaran pada kelurahan.

“Untuk itu, saya minta pemerintah desa dan kelurahan agar semangat mengenali, menggali, dan melaporkan potensi pajak. Dan retribusi daerah di wilayah kerja masing-masing melalui sistem aplikasi “Lapor Pak,” jelasnya.

Tentang Aplikasi Lapor Pak

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Bogor, Arif Rahman mengatakan, aplikasi “Lapor Pak” diluncurkan dengan tujuan untuk mengoptimalkan penggalian potensi pajak daerah dan retribusi daerah di wilayah desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Bogor.

Laporan Potensi Retribusi dan Pajak atau Lapor Pak kata Arif menjadi solusi dalam mengoptimalkan penggalian potensi-potensi pajak di seluruh wilayah Kabupaten Bogor.

“Mengingat wilayah Kabupaten Bogor yang luas,” ujar Arif.

Sebagai informasi, aplikasi “Lapor Pak” ini bisa mendorong para kepala desa dan lurah aktif melaporkan potensi-potensi yang ada di wilayahnya secara terus menerus.

Aplikasi “Lapor Pak” dapat diakses menggunakan browser melalui komputer atau smartphone dengan akses internet.(Albin Pandita)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here