Monday, 29 April 2024
HomeBeritaKebakaran Rumput di Stadion Kanjuruhan, Apa Penyebabnya?

Kebakaran Rumput di Stadion Kanjuruhan, Apa Penyebabnya?

Bogordaily.net terjadi di , di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Rumput yang berada di terbakar. Lalu apa penyebabnya?

Dalam video yang beredar di media sosial, tampak terjadi di area . Tak hanya itu terlihat pula sejumlah orang di area stadion. Bahkan sempat beredar kabar rumput stadion diduga dibakar.

Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana mengatakan setelah dilakukan pemeriksaan, tidak ada tanda-tanda pembakaran yang terjadi di seperti isu yang beredar.

Peristiwa yang sebenarnya terjadi kata AKBP Putu adalah proses pembersihan rumput dan ilalang yang telah tumbuh sangat tinggi di area stadion.

Pihak yang bertanggung jawab atas renovasi stadion, yakni pihak konstruksi Waskita Karya, juga memberikan akses kepada Kapolres untuk melihat langsung kondisi di dalam stadion yang saat itu sedang dalam tahap pembersihan. Hal ini sebagai bagian dari upaya pembangunan yang sedang berlangsung.

“Sisa potongan rumput dan ilalang yang dilakukan pembersihan kemarin oleh rekan-rekan Aremania dengan cara dibakar. Memang setelah dilakukan pemotongan rumput dan ilalang ini juga merupakan bagian dari proses pembangunan,” kata AKBP Putu usai meninjau Senin, 2 Oktober 2023 sebagaimana dilansir dari laman Humas Polri.

Kondisi rumput di dalam sebelumnya tidak terawat sehingga saat pelaksanaan renovasi, dilakukan pemotongan rumput dan ilalang yang sudah tinggi.

Dalam upaya pembersihan tersebut, menurut Kapolres, pihak pelaksana proyek renovasi memberikan akses dengan membuka pagar pembatas di sisi barat dan selatan stadion.

Akses tersebut lalu dimanfaatkan oleh Aremania untuk berkunjung melihat pintu 13 termasuk juga yang ingin melihat stadion.

Setelah pembersihan rumput, sebagian pagar pembatas di area barat dan selatan nantinya akan dipasang kembali kurang lebih sepanjang 25 dan 5 meter.

Peringati 1 Tahun Tragedi Kanjuruhan

Menurut AKBP Putu, bertepatan dengan peringatan satu tahun tragedi Kanjuruhan, Minggu 1 Oktober 2023 area stadion luar diadakan kegiatan berdoa bersama dengan membaca surat Yasin dan Tahlil sekaligus memperingati maulid Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan doa bersama dipimpin oleh para tokoh agama dan dihadiri oleh komunitas Aremania dari berbagai daerah di Kabupaten Malang.

Situasi saat ini kata Kapolres dalam keadaan aman dan sedang dalam proses pemugaran oleh pekerja konstruksi.  Warga sekitar juga terlihat memanfaatkan area sekitar stadion untuk berolahraga.

Kapolres mengaku pihaknya bersama Pemerintah Kabupaten Malang, serta Waskita Karya, melakukan pengawasan terhadap proses pembangunan . ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here