Thursday, 2 May 2024
HomeViralKisah Pengendara Beli Dexlite Dapat Solar di SPBU di Bogor Viral

Kisah Pengendara Beli Dexlite Dapat Solar di SPBU di Bogor Viral

Bogordaily.net– Kisah pengendara yang merasa ada keanehan saat membeli BBM jenis dan diduga malah mendapat solar di media sosial.

Cerita ini dibagikan salah satu pengguna melalui Instagram @bogordailynews. Dalam keterangannya ia merasa ada yang janggal.

“Saya konsumen pengguna , beberapa hari kemarin diberitahukan bengkel resmi langganan kami kalau BBM yang saya pakai adalah solar,” ungkapnya.

Ia pun berupaya mengecek atau membandingkan apakah BBM yang dipakainya benar-benar solar dan bukan di salah satu SPBU.

Dalam sebuah video tampak seorang petugas SPBU menuangkan BBM dan terlihat berwarna kecokelatan serta berbuih.

“Mohon bantuan investigasi keaslian BBM jenis yang dijual kepada konsumen di dua  SPBU di Cibinong, bahkan mungkin di beberapa SPBU lainnya. Karena dari ciri fisiknya menunjukan warna solar. Mereka bilang itu adalah dengan warna coklat berbuih,” sambungnya.

Warganet pun ramai-ramai memberikan berbagai komentarnya.

setahu gw jernih, klo warna kek gini kek solar solar yg suka dibeli pabrik buat genset,” ujar warganet.

“Lapor ke disperindag aja biar ditera dan dicek ulang itu SPBU,” timpal yang lain.

buinya gk sebanyak itu… astagaa,” kata warganet.

“Sepertinya itu solar,” komentar warganet lainnya.

Kelebihan

Sementara itu melansir laman Pertamina, Dexlite memiliki kelebihan dibanding Solar biasa.

Pertamina mengeluarkan bahan bakar Dexlite atau bisa disebut juga solar Dexlite untuk jenis kendaraan bermesin diesel. Kini dianggap favorit pengguna kendaraan bermesin diesel.

Bahan bakar ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan solar. Salah satunya membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

Dexlite memiliki kandungan cetane 51 dan sulfur 1200 part per million (ppm). Dengan kandungan tersebut membuat bahan bakar ini mampu melindungi mesin kendaraan kita dengan baik.

“Bahan bakar ini memiliki Ecosave Technology, yang mampu melindungi mesin dari karat. Sehingga membuat mesin lebih terlindungi serta menjadi awet dan tahan lama,” tulis keterangan di laman Mypertamina.id.

Dengan teknologi tersebut maka tak perlu ke bengkel untuk membersihkan karat yang ada di mesin dan tangki bensin.

Selain itu dengan kandungan sulfur yang rendah serta sudah standar Euro 4 membuat mesin mobil menjadi lebih ramah lingkungan.

Kelebihan ini sudah teruji melalui Lembaga Afiliasi Penelitian Indonesia (LAPI) ITB dengan menggunakan 2 unit bus Mercedes Benz Double Decker dan Hino RN.

Hasil yang didapatkan merupakan pemakaian Dexlite lebih hemat 9% dibandingkan dengan solar. Untuk perbandingannya 1 liter Dexlite rata-rata kendaraan mampu menembuh jarak 16 km sampai 20 km, sedangkan untuk solar hanya 12 km sampai 14 km.

Selain itu Dexlite dianggap membuat mesin lebih bertenaga karena angka cetane yang tinggi dan lebih bersih dibandingkan dengan solar.

Bahan bakar ini mampu membuat suara mesin lebih senyap tetapi lebih bertenaga. Bahan bakar ini juga lebih ramah lingkungan karena hasil emisi yang lebih rendah dibandingkan dengan solar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here