Sunday, 28 April 2024
HomeEkonomiDi Ajang MotoGP Mandalika 2023, Kolaborasi KemenKopUKM Tampilkan Potensi UKM Ekspor

Di Ajang MotoGP Mandalika 2023, Kolaborasi KemenKopUKM Tampilkan Potensi UKM Ekspor

Bogordaily.net– Kolaborasi yang dilakukan menampilkan potensi UKM ekspor dalam ajang 2023.

Kementerian Koperasi dan UKM () bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lombok Tengah dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Mandalika menggelar event SME Xcellence (SMEX) Goes To Mandalika and Soundalika sebagai bagian rangkaian event MotoGP 2023.

SMEX Goes To Mandalika and Soundalika digelar sejak Jumat, 13 Oktober 2023 sampai 14 Oktober 2023 di Beach Park Area Kuta Mandalika, Lombok Tengah.

Kegiatan diikuti oleh 22 pelaku UKM yang telah terkurasi dan mengikuti kegiatan pameran berskala nasional dan internasional. Termasuk memberikan kesempatan kepada 8 musisi lokal untuk dapat memeriahkan acara tersebut.

KemenKopUKM Mandalika
, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lombok Tengah, dan ITDC Mandalika dalam event SME Xcellence (SMEX) Goes To Mandalika and Soundalika.(Foto: Dok. )

Asisten Deputi Pengembangan SDM UKM, Deputi Bidang UKM, Rhenaldy mengatakan pihaknya memfasilitasi UKM potensial ekspor untuk menggelar produk unggulannya. Serta memfasilitasi musisi lokal untuk berperan serta dalam mengisi rangkaian kegiatan event MotoGP 2023.

Selain itu, juga menyiapkan layanan konsultasi bisnis bagi pelaku UKM dan masyarakat.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mengangkat sumber daya ekonomi lokal,” ujar Rhenaldy kata dalam rilisnya di Jakarta, Sabtu, 14 Oktober 2023.

Di antaranya, melalui pengembangan hasil produk di sektor kerajinan, kuliner, kriya, dunia kesehatan, dan pariwisata.

“Ini yang nantinya dapat menjadi salah satu sumber devisa andalan dalam menggerakkan roda pembangunan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” imbuhnya.

Rhenaldy berharap gelaran ini bisa menjadi event tahunan tetap dalam rangkaian penyelenggaraan MotoGP pada tahun-tahun selanjutnya. Sehingga, tercipta banyaknya peluang dan kesempatan bagi pelaku UKM dan musisi lokal untuk dikenal secara internasional.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here