Friday, 3 May 2024
HomeKabupaten BogorLongsor Cisadane Dibiarkan, Enam Rumah Terancam Ambruk

Longsor Cisadane Dibiarkan, Enam Rumah Terancam Ambruk

Bogordaily.net – Bronjong penahan tebing Sungai di Kampung Raweuy RT 2/2, Desa Ciadeg, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, kembali . Namun sejak ambruknya bronjong ini masih dibiarkan dan belum ada penanganan lebih lanjut.

Padahal, tebing ini mengancam enam unit rumah milik warga. Yang terparah adalah rumah milik Ketua RT setempat bernama Mashuri, di mana posisi dapur rumahnya sudah menggantung tergerus .

“Ya, rumah saya sudah ngegantung, justu saya heran ko tidak ada tindak lanjut lagi. Dapur rumah saya sudah tidak bisa dipakai. Kondisi rumah saya juga sudah retak-retak. Apalagi sekarang sudah mulai memasuki musim hujan, saya jadi kepikiran terus, takut ambruk rumah saya,” ungkap Mashuri, Minggu 9 Oktober 2023.

Baca juga : Nonton Film Diambang Kematian, Cek di Sini

Kepala Desa Ciadeg, Wahyu Rahayu, menegaskan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Camat Cigombong dan melaporkan kondisi bronjong penahan tebing yang tersebut, ke pihak UPT Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang di .

“Informasi dari UPT mau diperbaiki tahun ini melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Soalnya untuk DAS tidak bisa didanai oleh Dana Desa. Sampai sekarang belum ada peninjauan dan realisasinya,” kata Wahyu.

Baca juga : Sinopsis Film Contagion, Perjuangan Melawan Endemik yang Mengerikan

Sekadar informasi, pada November 2022 silam Pemkab Bogor menggelontorkan APBD senilai Rp178 juta untuk pembangunan TPT di lokasi tersebut.

Namun, proyek TPT yang dibangun pelaksana PT Fauzyn Sumber Djaya tersebut . Pihak PUPR kembali membangun bronjong karena longsoran menggerus rumah warga. Beberapa bulan lalu, Bronjong yang dipasang kembali ambruk tergerus Sungai .(Acep Mulyana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here