Friday, 3 May 2024
HomeKota BogorMemperkuat Jaringan, BAZNAS Kota Bogor Menyelanggarakan Silaturahmi dan Bimtek UPZ Sekolah

Memperkuat Jaringan, BAZNAS Kota Bogor Menyelanggarakan Silaturahmi dan Bimtek UPZ Sekolah

Bogordaily.netBAZNAS Kota Bogor mengadakan acara silaturahmi dan Bimbingan Teknis (BIMTEK) untuk Unit Pengumpul Zakat () sekolah se-Kota Bogor di Plaza PPIB Bogor.

Acara ini berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 18 hingga 20 Oktober 2023, dan dihadiri oleh 151 Sekolah yang telah terdaftar di .

Wakil Ketua III, Romdoni S.Ag, dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan ini adalah wujud komitmen bersama sejak pembentukan Sekolah oleh pada 20 Maret 2023.

“Ini berkaitan dengan kolaborasi dalam pengumpulan dan pendistribusian dana zakat infaq di Sekolah di seluruh Kota Bogor,” ujarnya.

Untuk mengoptimalkan pengumpulan dana infaq, khususnya untuk membantu siswa yang membutuhkan di masing-masing sekolah, gerakan infaq siswa dianggap sebagai solusi.

Dengan pembentukan di sekolah, ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2011 Pasal 16 dan Peraturan BAZNAS Nomor 2 tahun 2016, sehingga sekolah dapat mengumpulkan dana infaq secara sah dan tidak dianggap sebagai pungutan ilegal.

Subhan Murtadla, S.Ag, M.E, Wakil Ketua I BAZNAS Kota Bogor menambah, unit Pengumpul Zakat di sekolah tetap harus berkoordinasi dengan BAZNAS.

“Salah satunya dengan menyusun Rencana Kegiatan Anggaran Tahunan (RKAT) , agar semua kegiatan menjadi terukur dan terarah,” ujar Subhan.

Sejalan dengan amanat undang-undang, BAZNAS bertugas menghimpun zakat, infaq, dan sedekah.

Subhan menekankan bahwa mereka juga ingin membentuk kesadaran sosial di kalangan siswa.

Dengan memanfaatkan sumber daya di sekolah, BAZNAS berharap tidak akan ada lagi siswa yang kesulitan dalam hal pendidikan, seperti kekurangan dana untuk sepatu, seragam, tas, dan lain-lain.

sekolah adalah solusi untuk mengumpulkan dana infaq dan sedekah melalui program GEMAR INFAK,” katanya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here