Saturday, 13 April 2024
HomeKabupaten BogorPemkab Bogor Akan Kembali Gelar Jambore Wisata Desa 2023 di Tugu Utara

Pemkab Bogor Akan Kembali Gelar Jambore Wisata Desa 2023 di Tugu Utara

Bogordaily.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan kembali menyelenggarakan Jambore Wisata Desa tahun 2023 yang akan dilaksanakan pada 7 hingga 9 November 2023 mendatang yang akan berlangsung di Desa Wisata Tugu Utara.

Jambore Wisata Desa tahun 2023 dilakukan sebagai bukti untuk mendorong optimalisasi promosi dan perkembangan Desa Wisata di Kabupaten Bogor,

Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor, Deni Humaedi mengungkapkan, Jambore Wisata Desa merupakan sarana yang sangat efektif dalam mendorong perkembangan dan kemajuan desa wisata di Kabupaten Bogor.

Pasalnya, dampak dari kegiatan ini cukup menjanjikan, kini desa wisata terus mengalami perkembangan dari yang semula hanya 28 desa, menjadi 70 desa wisata dan mudah-mudahan di tahun 2023 bisa mencapai 100 desa wisata.

Menurut Deni, melalui kegiatan Jambore Wisata Desa ini selain menjadi wadah silaturahmi juga kolaborasi antara pengelola desa wisata, UMKM dan Pemerintah Kabupaten Bogor, kecamatan juga desa guna mendorong kemajuan desa wisata di Kabupaten Bogor serta peningkatan perekonomian masyarakat.

“Jambore ini sarana kolaborasi dan silaturahmi kita dengan teman-teman desa wisata dan UMKM sehingga kita bisa lebih optimal dalam mempromosikan wisata juga UMKM,” kata Deni Humaedi.

“Sebab UMKM, desa wisata dan kuliner menjadi satu kesatuan yang tidak bisa terpisahkan sehingga promosinya harus berbarengan salah satunya melalui Jambore Wisata Desa ini. Tidak hanya wisata yang meningkat perekonomiannya juga baik pelaku usaha UMKM juga kulinernya,” tambahnya.

Selanjutnya, Ketua Asosiasi Desa Wisata Kabupaten Bogor, Deni Amar mengatakan, keberadaan desa wisata saat ini mengalami perkembangan yang luar biasa. Desa wisata pertama ada di wilayah Kecamatan Tamansari berdiri pada 2009 lalu.

Dengan semangat para pengelola desa wisata selama 11 tahun kini desa wisata semakin maju terlebih dengan adanya kegiatan Jambore Wisata Desa yang pertama diselenggarakan pada tahun 2021 lalu.

Bahkan kata dia, beberapa desa wisata sudah diakui baik tingkat nasional dan internasional salah satunya Desa Wisata Purwabakti Pamijahan dan Desa Wisata Batulayang Kecamatan Cisarua.

“Dengan Jambore Wisata Desa ini selain media promosi juga sarana silaturahmi, kita bisa melakukan sharing diskusi dengan desa wisata lainnya bagaimana strategi pemasaran yang baik, inovasi dalam meningkatkan daya tarik wisatawan. Satu sama lain bisa memberikan masukan yang positif untuk saling dukung demi kemajuan wisata Kabupaten Bogor,” ujar Deni Amar.***

(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here