Saturday, 18 May 2024
HomeKabupaten BogorPemkab Bogor Gelar Rakor Kesmas, Tingkatkan Layanan dan Derajat Kesehatan

Pemkab Bogor Gelar Rakor Kesmas, Tingkatkan Layanan dan Derajat Kesehatan

Bogordaily.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menggelar (Rakor) Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) mengenai Publikasi Status Gizi Balita Tahun 2023.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan layanan dan derajat kesehatan masyarakat yang berlangsung di Bigland Hotel, Babakan Madang, Senin 9 Oktober 2023.

Aspem Kesra Kabupaten Bogor, Hadijana mengatakan, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui peningkatan status gizi dan kesehatan ibu dan anak, penurunan stunting, menurunkan angka kematian ibu dan anak serta menurunkan penyakit tidak menular.

Baca juga : Nonton Film Diambang Kematian, Cek di Sini

Menurutnya, penguasaan teknologi kesehatan, penerapan perilaku pola hidup bersih serta peningkatan transformasi baik pelayanan kesehatan primer, layanan berkelanjutan, sistem ketahanan kesehatan baik Sumber Daya Manusia (SDM) dan teknologi

“Pelayanan kesehatan primer harus terus diperkuat peran puskesmas sebagai fasilitas kesehatan pertama sangat krusial sebagai garda terdepan dan wujud kehadiran pemerintah di tengah masyarakat dalam kondisi rawan atau krisis,” kata Hadijana.

Ia juga meminta, infocast untuk terus mendorong peningkatan gizi dan kesehatan ibu dan anak dengan mengoptimalkan program yang sudah berjalan.

Baca juga : Sinopsis Film Contagion, Perjuangan Melawan Endemik yang Mengerikan

“Tingkatkan kapasitas atau potensi petugas kesehatan untuk perawat bayi dan balita serta tingkatkan sinergi dan kolaborasi dengan stakeholder puskesmas, posyandu, PKK, organisasi masyarakat, LSM,  media, dan lainnya,” jelasnya.

“Saya harap rakor kesmas ini dapat berjalan efektif untuk menentukan berbagai langkah praktis strategis dan solutif Pemkab bagi pemecahan masalah kesehatan masyarakat demi terwujudnya Karsa Bogor Sehat,” ujar Hadijana.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here