Wednesday, 8 May 2024
HomeNasionalPentingnya Imunisasi Anak, dr Lucy: Langkah Mencegah Penyakit Menular

Pentingnya Imunisasi Anak, dr Lucy: Langkah Mencegah Penyakit Menular

Bogordaily.net Dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Murni Teguh Sudirman Jakarta, dr Lucy Amelia, Sp.A, mengatakan pentingnya sebagai langkah untuk mencegah penyakit menular pada anak-anak.

dr Lucy Amelia menjelaskan bahwa bertujuan untuk membentuk kekebalan tubuh anak agar mereka lebih tahan terhadap penyakit tertentu.

“Pemberian bertujuan untuk memberikan kekebalan tubuh spesifik terhadap anak, sehingga mereka dapat menghindari penyakit berbahaya yang bisa berakibaat cacat bahkan kematian,” ujar dr Lucy Amelia menegaskan pentingnya pada anak, Selasa 10 Oktober 2023.

dilakukan dengan memberikan vaksin yang mengandung bakteri atau virus yang telah dilemahkan, baik yang masih hidup maupun yang sudah mati.

Proses ini membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak terhadap penyakit tertentu.

Selain manfaat untuk individu, juga berkontribusi dalam menciptakan kekebalan kelompok, yang dapat melindungi orang-orang yang tidak dapat menerima vaksin, seperti mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

dr. Lucy Amelia juga mengungkapkan bahwa meskipun bisa memiliki efek samping seperti demam ringan, sakit kepala, atau nyeri otot dan sendi, efek tersebut biasanya bersifat sementara dan merupakan bagian dari respons tubuh terhadap vaksin.

“Reaksi lokal seperti kemerahan di area penyuntikan dapat diatasi dengan mengompresnya dengan air hangat. Orang tua tidak perlu khawatir, memberikan manfaat besar untuk melindungi anak-anak dari penyakit infeksi yang serius,” tambahnya.

dr. Lucy Amelia menegaskan bahwa melalui , anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara sehat, terhindar dari penyakit berbahaya, dan mencapai pertumbuhan yang optimal.***

(Ibnu Galansa)

Dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Murni Teguh Sudirman Jakarta, dr. Lucy Amelia, Sp.A. (Ibnu/bogordaily.net).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here