Friday, 17 May 2024
HomeNasionalProfil Rahmat Erwin Abdullah, Peraih Medali Emas di Asian Games yang Pecahkan...

Profil Rahmat Erwin Abdullah, Peraih Medali Emas di Asian Games yang Pecahkan Rekor Dunia

Bogordaily.net meraih medali emas dalam 2023. Tak hanya itu atlet angkat besi tersebut juga berhasil memecahkan rekor dunia. Berikut profil Rahmat Erwin, peraih medali emas di 2023 yang dirangkum dari berbagai sumber.

Lifter Indonesia meraih medali emas dari cabang angkat besi kelas 73kg putra dengan total angkatan 359kg di XSC Gymnasium, Selasa, 3 Oktober 2023.

Ia memecahkan tiga rekor sekaligus yakni rekor dunia yakni , dan rekor Asia pada angkatan clean and jerk kelas 73kg putra.

Rahmat Erwin menjadi lifter kesembilan yang tampil pada angkatan snatch pada final tersebut setelah lifter Korea Utara setelah Park Jonju.

Pelatih sekaligus ayah Rahmat yakni Erwin Abdullah bersyukur atas medali emas yang diraih putra tunggalnya tersebut.

“Alhamdullah Erwin mampu menyumbangkan medali emas bagi Kontingen Indonesia,” kata Erwin yang juga mantan lifter nasional ini dalam keterangannya di resmi Kemenpora.

Profil

lahir di Makassar 13 Oktober 2000. Ia merupakan atlet angkat besi (lifter) peraih medali Perunggu di Olimpiade Tokyo 2020. Ia juga juara dunia 2021 dan 2022 kelas 73 kg putra.

Selain itu Rahmat Erwin pun pemegang rekor dunia Clean and Jerk di kelas 73 kg dan 81 kg putra.

Rahmat Erwin lahir dari dari keluarga mantan atlet angkat besi Indonesia berprestasi. Darah lifter diturunkan dari kedua orang tuanya yakni Erwin Abdullah dan Ami Asun Budiono.

Sang ayah, Erwin Abdullah pernah tampil di sejumlah ajang, seperti Kejuaraan Asia Angkat Besi di Busan, Korea Selatan tahun 1995 meraih medali perak. Lalu di Kejuaraan Dunia IWF di Istanbul, Turki tahun 1994 meraih medali perunggu.

Sedangkan ibundanya, Ami Asun Budiono adalah peraih medali emas angkat besi Pesta Olahraga Asia Tenggara di Chiang Mai, Thailand tahun 1995 dan Jakarta, Indonesia tahun 1997.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here