Tuesday, 14 May 2024
HomeKabupaten BogorRSUD Cibinong Launching Layanan Unggulan One Health

RSUD Cibinong Launching Layanan Unggulan One Health

Bogordaily.net – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong memperkenalkan terobosan layanan kesehatan terbaru yang dikenal dengan nama Layanan Unggulan Berbasis . Peluncuran ini berlangsung di , Kabupaten Bogor, pada Kamis, 5 Oktober 2023.

Menurut penjelasan dari Direktur , dr. Yukie Meistisia Anandaputri Satoto, inovasi Layanan Unggulan Berbasis ini didasari oleh peran aktif dalam mengatasi berbagai isu kesehatan.

Kemudian, mulai dari penanganan faktor-faktor lingkungan, pengembangan layanan kesehatan preventif, hingga penanganan penyakit zoonosis dan Penyakit Infeksi Emerging (PIE).

juga mengembangkan potensi agromaritim untuk pelayanan kesehatan komplementer, seperti pengobatan tradisional herbal fitofarmaka dan terapi hiperbarik.

“Kami menghadirkan instalasi baru, yakni instalasi pelayanan kesehatan komplementer, yang mungkin menjadi yang pertama di Indonesia yang menggabungkan unsur modern dan tradisional,” ungkap dr. Yukie.

Selanjutnya, dr. Yukie menjelaskan bahwa memiliki 8 layanan unggulan, salah satunya adalah penanganan Penyakit Infeksi Emerging (PIE) dan zoonosis.

Upaya pengembangan layanan ini mencakup rujukan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

Aplikasi

Pihak juga melakukan identifikasi patogen dan pemetaan geospasial melalui integrasi berbagai aplikasi, seperti Bogor Hade yang dikelola oleh SPGDT RSUD Cibinong, SIPEKA Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Call Center 112, dan SiTegar 119.

Sebagai tambahan, RSUD Cibinong juga telah memperkenalkan layanan berbasis digital berupa CAGEUR, yang menyediakan pelayanan “hospital without wall” melalui telemedicine dan homecare.

Menurut dr. Yukie, dengan layanan ini, Puskesmas dapat mengidentifikasi potensi wabah sejak dini, sehingga RSUD sudah bisa bersiap menghadapinya. Semua ini juga terhubung dengan 112 Diskominfo dan 119 SiTegar.

Bupati Bogor, Iwan Setiawan, menjelaskan bahwa Layanan Unggulan Berbasis merupakan sistem terintegrasi dengan seluruh layanan yang ada di RSUD Cibinong. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan mempermudah akses masyarakat ke pelayanan kesehatan.

“Saya berharap layanan unggulan ini memberikan dampak positif dan memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat. Masyarakat bisa merasakan inovasi yang telah diperkenalkan oleh Direktur RSUD Cibinong, sehingga pelayanan menjadi lebih optimal, efisien, singkat, dan nyaman bagi masyarakat,” jelas Iwan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here