Monday, 13 May 2024
HomeNasionalRUU Perkoperasian Perlu Segera Disahkan untuk Perbaiki Ekosistem Koperasi

RUU Perkoperasian Perlu Segera Disahkan untuk Perbaiki Ekosistem Koperasi

Bogordaily.net – RUU Perkoperasian segera dibahas dan disahkan setelah pekan lalu Surat Presiden (Surpres) terkait RUU tersebut sudah disampaikan oleh Presiden ke DPR RI sehingga diharapkan bisa dibahas dan diselesaikan dalam masa persidangan ke depan.

“RUU ini sangat krusial untuk memperbaiki ekosistem usaha dan memberikan perlindungan terhadap anggota serta masyarakat,” kata Menteri dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin, 9 Oktober 2023.

Ia mengatakan, sebagai fungsi perlindungan regulasi terkait koperasi sangat diperlukan mengingat saat ini banyak bermasalah yang menimbulkan banyak korban di kalangan masyarakat.

Baca juga : Nonton Film Diambang Kematian, Cek di Sini

Sebut saja ada delapan Simpan Pinjam (KSP) yang gagal bayar dengan total Rp26 triliun uang anggota yang berpotensi hilang.

“Penyelesaian sengketa antara anggota dan pengurus lewat mekanisme internal tidak berjalan, begitupun dengan upaya perdamaian melalui PKPU dan pemidanaan para pengurus yang menggelapkan uang anggota terbukti tidak efektif,” katanya.

Padahal kata dia, hal itu menjadi satu-satunya jalan untuk menyita aset milik anggota dan mengembalikanya kepada anggota.

Baca juga : Sinopsis Film Contagion, Perjuangan Melawan Endemik yang Mengerikan

Tidak ada landasan hukum bagi Pemerintah untuk menalangi uang anggota (bail out) yang digelapkan pengurus .

“Oleh karena itu, ke depan pengawasan harus diperketat,” katanya.

Menurut Menteri Teten, tidak cukup koperasi di Indonesia hanya menganut pengawasan internal saja, sebab uang anggota koperasi harus terlindungi seperti penyimpanan di bank.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here