Sunday, 28 April 2024
HomeKota BogorSekda Kota Bogor Tinjau Pembangunan Tahap Akhir Satap di Tanah Sareal

Sekda Kota Bogor Tinjau Pembangunan Tahap Akhir Satap di Tanah Sareal

Bogordaily.net – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah meninjau progres pembangunan tahap akhir (Satap) yang akan digunakan sebagai sekolah SDN Kencana 4 dan SMPN 21 Kota Bogor di Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

“Sekolah ini konsepnya green building, green school sekolah hijau. Akan ada penanaman vegetasi di luar bangunan dan harus bagus. Selain itu juga di dalam ruangan di selasar kemudian di rooftop yang akan menjadi tempat olahraga dan upacara akan dibuat vertical garden,” kata Syarifah Sofiah.

Menggunakan konsep green building Satap Kencana ini akan menggunakan solar cell untuk menghemat energi.

Selain itu Sekda Syarifah juga meminta agar sekolah ini tidak hanya ramah lingkungan (Green Building) tapi juga sebagai sekolah percontohan trias UKS (Usaha Kesehatan Sekolah).

Baca juga : Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 62 Ditutup, Link Cek Nama Kamu Lolos atau Tidak

Trias UKS Sekolah

Sebagai upaya satuan pendidikan dalam menanamkan, menumbuhkan, mengembangkan serta meningkatkan kemampuan hidup sehat, dengan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta derajat kesehatan peserta didik melalui pelaksanaan Trias UKS.

Diantaranya Pendidikan Kesehatan, pembiasaan PHBS pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan Sekolah Sehat.

“Karena sudah dibangun gedung sangat bagus, jadi manajemennya juga harus bagus menjadi sekolah percontohan UKS melalui penerapan trias UKS, dari mulai tempat cuci tangan, toilet terpisah, ruang UKS terpisah, kantin sehat, pelayanan kesehatan dan sebagainya,” ujar Syarifah

Dengan begitu lanjut Sekda, siswa bisa mengakses layanan kesehatan jika sakit, mendapat materi tentang kesehatan lingkungan dan jajan di kantin sehat.

“Karena kalau tidak ada kantin di dalam, anak-anak aktivitas di luar sekolah, sekolah akan sulit mengendalikan dan mengontrol anak yang istirahatnya di luar bangunan, padahal kita harus hati hati untuk juga melindungi anak-anak dari kriminalitas sehingga keamanannya juga harus diperhatikan. Sehingga orang tua juga merasa nyaman karena anaknya aman,” katanya.

Dalam tinjauan tersebut Sekda lebih dahulu melihat laporan progres pengerjaan yang selanjutnya dilakukan pengecekan gedung di lantai satu hingga rooftop.

Saat ini progres pengerjaan Sekolah Satap di Kelurahan Kencana sudah memasuki proses tahap finishing.

Baca juga : Link Tiket Konser Yesung Super Junior di Jakarta 2023 yang Dibuka Hari Ini. Cek di Sini!

“Proses pembangunannya dibangun bertahap, sudah 4 tahun. Tahun ini terakhir tadi kita cek finishingnya, sekarang setiap lantai sudah finishing, tadi saya ingatkan diresmikannya Desember, berarti saat selesai semua harus sudah rapi dan bersih,” tutup Syarifah

Progres pembangunan satu atap ini mengalami deviasi positif sehingga bisa diselesaikan tepat waktu.

Per tanggal 15 Oktober, progres pengerjaan sudah mencapai 65,36 dari rencana target 50,77 sehingga mengalami deviasi positif sebesar 14,59 persen.(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here