Tuesday, 7 May 2024
HomeBeritaTips Memilih Sunscreen untuk Wajah Menurut dr. Etty Farida

Tips Memilih Sunscreen untuk Wajah Menurut dr. Etty Farida

Bogordaily.net – Dalam melindungi kulit dari dampak negatif sinar matahari, memilih sunscreen yang tepat adalah langkah penting.

dr. Etty Farida Mustifah, SP.KK seorang Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Dermatovenereology), memberikan panduan yang berharga untuk memilih sunscreen yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah kalian.

Pertama-tama, dr. Etty menyampaikan, bahwa pentingnya memilih sunscreen yang berspektrum luas, yang berarti melindungi kulit dari dua jenis sinar UV berbahaya.

SPF (Sun Protection Factor) adalah parameter yang mengukur perlindungan terhadap sinar UVB, yang dapat menyebabkan sunburn.

“Untuk melindungi kulit kita secara efektif, direkomendasikan memilih sunscreen dengan SPF minimal 30,” kata dr. Etty Farida, Minggu 15 Oktober 2023.

Selanjutnya, melihat kandungan PA (Protection Grade of UVA) dalam sunscreen.

Sinar UVA dapat menyebabkan penuaan dini dan kerusakan kulit dalam jangka panjang.

“Oleh karena itu, pastikan sunscreen Anda memiliki kandungan PA minimal plus-plus,” ujarnya.

Kemudian, water resistance adalah faktor lain yang perlu diperhatikan. Sunscreen yang tahan air mampu melindungi kulit selama 40 hingga 60 menit di bawah air, sementara yang berlabel “sport” bahkan dapat bertahan hingga 80 menit.

Pemilihan Sunscreen

Untuk kulit sensitif, dr. Etty menyarankan penggunaan physical sunscreen yang mengandung titanium oxide atau zinc oxide.

“Hindari produk dengan wangi-wangian dan bahan-bahan yang dapat menyebabkan alergi,” katanya.

Untuk anak-anak, kata dr. Etty, pastikan Anda memilih sunscreen yang aman dan bebas dari bahan yang dapat menyebabkan iritasi kulit.

“Kulit anak-anak cenderung lebih sensitif, sehingga pemilihan produk yang tepat sangat penting,” katanya.

Bagi yang membutuhkan saran lebih lanjut atau pemeriksaan kulit khusus, Rumah Sakit Murni Teguh Ciledug menyediakan layanan di poli kulit dan kelamin.

“Kesehatan kulit adalah investasi penting dalam menjaga penampilan dan kesejahteraan kita,” tandasnya. (Ibnu Galansa) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here