Monday, 1 July 2024
HomeBerita6 Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami yang Efektif

6 Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami yang Efektif

Bogordaily.net menjadi pembahasan yang menarik untuk diulas. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang adalah mengusir serangga di rumah.

Mungkin Anda pernah melakukan beberapa cara untuk mengusir yang satu ini. Namun tidak sedikit juga yang merasa bahwa hal itu tidak terlalu berpengaruh.

Seperti yang diketahui bahwa nyamuk bisa membawa berbagai macam penyakit. Salah satu yang cukup berbahaya adalah dan malaria.

Oleh karena itu penting untuk mengetahui beberapa cara efektif yang bisa Anda Coba lakukan.

Inilah Beberapa Cara Efektif Mengusir Nyamuk Secara Alami

Kebanyakan masyarakat mengusir nyamuk menggunakan bahan-bahan kimia. Namun faktanya, hal itu dapat menimbulkan efek negatif pada kesehatan manusia. Alternatif lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengusir nyamuk secara alami menggunakan bahan-bahan yang minim akan risiko kesehatan. Berikut beberapa cara:

1. Menggunakan Minyak Kayu Putih
Anda mungkin sudah tidak asing dengan minyak kayu putih atau eucalyptus. Ini adalah salah satu formula atau tanaman alami yang dapat menolak nyamuk. Beberapa penelitian menyebutkan bahan satu ini cukup efektif sebagai obat untuk gigitan serangga tidak terkecuali untuk gigitan nyamuk.

2. Menggunakan Kulit Jeruk
yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah menggunakan kulit jeruk. Nyamuk tergolong salah satu serangga yang tidak menyukai aroma wewangian.

Menariknya, aroma yang dihasilkan dari buah ini mampu membuat nyamuk merasa terganggu. Untuk mengaplikasikannya juga tidak terlalu sulit. Anda hanya tinggal meletakkan potongan kulit jeruk di dalam wadah lalu tempatkan di beberapa sudut ruangan yang merupakan tempat berkumpul nyamuk.

3. Menggunakan Tanaman Lavender
Bunga yang identik dengan warna ungu ini dikenal ampuh untuk mengusir nyamuk. Hal ini dikarenakan aroma yang dikeluarkan oleh bunga ini cukup menyengat sehingga membuat serangga ini tidak menyukainya.

Lavender mengandung beberapa senyawa aktif seperti linalyl asetat dan linalool. Selain itu, tanaman ini tidak hanya ampuh untuk mengusir nyamuk tetapi juga memberikan manfaat lain seperti memperbaiki suasana hati hingga meningkatkan kualitas tidur.

4. Usir Nyamuk dengan Semprotan Bawang Putih
Aroma yang cukup menyengat dari bawang putih ternyata bisa menjadi yang bisa Anda coba. Cara Ini cukup efektif serta tidak menimbulkan efek negatif.

Anda hanya perlu menumbuk beberapa sing bawang putih kemudian rebus di dalam air yang mendidih.

Tunggu hingga dingin lalu tuang cairan bawang putih dalam botol sprei. Berikutnya Anda hanya perlu menyemprotkan cairan tersebut di beberapa sudut rumah.

5. Ampuh Usir Nyamuk dengan Daun Mint
Jika Anda mencari secara alami, Daun mint atau peppermint bisa menjadi alternatif.

Aroma menyegarkan dari tumbuhan ini menjadi salah satu cara ampuh yang dapat mengusir nyamuk.

Dari beberapa penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak dari tumbuhan ini memiliki senyawa aktif yang dapat mencegah nyamuk hinggap di tubuh.

6. Tanaman Sereh
Serai ternyata tidak hanya berguna sebagai pelengkap bumbu masakan saja. Namun tanaman ini juga ampuh sebagai obat alami untuk mengusir nyamuk.

Aroma yang dipancarkan oleh tumbuhan serai mampu menenangkan pikiran. Tidak hanya itu, aroma yang dihasilkan juga tidak disukai nyamuk.

Anda tinggal mematahkan beberapa batang serai kemudian meletakkannya di beberapa sudut rumah.

Selain itu, bisa juga dengan membersihkan atau mengepel lantai secara rutin dengan menggunakan karbol yang memiliki aroma sereh. Salah satu karbol murah berkualitas dengan bahan sereh adalah karbol dari Sparkle.

Tidak hanya sekedar beraroma sereh yang dibenci nyamuk, karbol dari Sparkle juga memiliki kandungan bahan aktif desinfektan yang efektif untuk membasmi virus dan kuman di lantai.

Anda bisa mendapatkan karbol sereh Sparkle di Blibli. Marketplace ini sudah terbukti dan terpercaya memberikan jaminan produk untuk para pelanggannya.

Itulah deretan secara efektif yang bisa Anda terapkan. Dengan berbagai cara tersebut, Anda bisa bebas dari gigitan nyamuk. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here