Saturday, 27 July 2024
HomeNasionalArti ISBN Apa? Ini Pengertian dan Cara Pengajuan

Arti ISBN Apa? Ini Pengertian dan Cara Pengajuan

Bogordaily.net – Apa atau International Standard Book Number? Kabarnya Indonesia sedang dilanda krisis . Berikut penjelasan tentang apa berikut prosedur pengajuan.

Melansir laman Perpusnas, adalah deretan angka 13 digit sebagai pemberi identifikasi unik secara internasional terhadap satu buku maupun produk seperti buku yang diterbitkan oleh penerbit.

Setiap nomor memberikan identifikasi unik untuk setiap terbitan buku dari setiap penerbit. Sehingga keunikan tersebut memungkinkan pemasaran produk yang lebih efisien bagi toko buku, perpustakaan, universitas maupun distributor.

diberikan oleh Badan Internasional yang berada di London. Perpustakaan Nasional RI merupakan Badan Nasional yang berhak memberikan kepada penerbit yang berada di Indonesia dan KDT atau Katalog Dalam Terbitan.

Proses pendaftaran penerbit, permintaan ISBN dan KDT telah dibuat lebih mudah dengan layanan satu pintu.

Informasi judul terbitan yang sekali diserahkan, akan menjadi bagian dari database bibliografi dan akan muncul di terbitan Katalog Dalam Terbitan di Perpustakaan Nasional.

Hal ini memungkinkan perpustakaan maupun toko buku yang mencari terbitan untuk dibeli mengetahui informasi terbitan terbaru.

Proses Pengajuan ISBN

Masih dari laman Perpusatakaan Nasional (Perpusnas) RI, proses pengajuan ISBN yakni dengan mengikuti tahapan registrasi.

“Registrasi adalah Registrasi Penerbit. Pada tahap ini penerbit menyiapkan Surat Pernyataan (unduh di halaman registrasi) yang sudah diisi dengan benar dan lengkap,” tulis Perpusnas.

Selain itu penerbit menyiapkan legalitas seperti akta notaris maupun MoU.

Jika pendaftaran sudah sukses berikutnya sesuai notifikasi pada layar agar menghubungi Tim ISBN di nomor 021-3812136 untuk permohonan validasi.

“Kemudian lihat email yang diberikan oleh sistem secara otomatis tentang petunjuk/ langkah selanjutnya,” imbuhnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here