Friday, 3 May 2024
HomeKota BogorHKN ke-59, Dinkes Kota Bogor Siap Transformasi Kesehatan

HKN ke-59, Dinkes Kota Bogor Siap Transformasi Kesehatan

Bogordaily.net – ke-59, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor siap menjalankan 6 pilar transformasi kesehatan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah, menjadi pembina upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional () ke-59 tahun 2023 di Plaza Balai Kota Bogor pada Minggu 12 November 2023.

Dalam apel yang dihadiri oleh berbagai instansi, termasuk Dinas Kesehatan dan TNI Polri, Sekda membacakan sambutan Menkes, Budi Gunadi Sadikin.

Sekda menyoroti bonus demografi Indonesia sebagai peluang untuk keluar dari middle-income trap, dengan tema ke-59 “transformasi kesehatan untuk Indonesia maju.”

“Enam pilar transformasi kesehatan, seperti layanan primer, transformasi rujukan, dan pembiayaan kesehatan, menjadi fokus untuk mencapai kesehatan dan keberlanjutan,” kata Syarifah.

Ia pun menekankan pentingnya pelayanan primer yang menekankan promotif dan preventif.

Selain itu, infrastruktur SDM termasuk puskesmas, Pustu, dan laboratorium kesehatan juga perlu diperkuat.

Sekda juga mengajak masyarakat berperan dalam membangun kesehatan, mulai dari diri sendiri, keluarga, hingga lingkungan.

Sementara itu Kepala , Sri Nowo Retno, menyatakan kesiapan untuk menerapkan transformasi kesehatan dengan fokus pada pelayanan promotif dan preventif, integrasi layanan, serta peningkatan profesionalitas SDM.

“Dalam rangkaian kegiatan ke-59, pemberian apresiasi kepada nakes teladan dan donasi untuk membuat ‘lorong Covid-19' di galeri perpustakaan Kota Bogor juga dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap kontribusi pada kesehatan,” ungkapnya. (Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here