Thursday, 2 May 2024
HomeKota BogorJumat Curhat, Kapolresta Bogor Mendengar dan Carikan Solusi Keluhan Warga

Jumat Curhat, Kapolresta Bogor Mendengar dan Carikan Solusi Keluhan Warga

Bogordaily.net Kota menggelar kegiatan ‘' di Kelurahan Balumbang Jaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor pada Jum'at 17 November 2023.

Dengan tema utama “Mendengar, Mencatat, dan Mencari Solusi”.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mempererat silaturahmi antara kepolisian dengan masyarakat serta memberikan platform bagi warga setempat untuk menyampaikan keluhan, aspirasi, serta masukan terkait berbagai isu di lingkungan mereka.

Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk mendekatkan diri kepada masyarakat.

Polresta Bogor Kota telah memperhatikan berbagai isu, seperti kerawanan tawuran, kasus curanmor, penyalahgunaan narkoba, dan perilaku tidak terpuji remaja.

“Sebagai langkah antisipatif, polisi telah melakukan razia knalpot bising, razia miras, serta patroli untuk mengurangi kerawanan pada malam hari. Upaya preventif, preemtif, dan represif telah dijalankan dengan terukur oleh Polresta Bogor Kota,” ucapnya.

Selain itu, mereka juga melibatkan Bhabinkamtibmas dan Babinsa TNI untuk mendeteksi permasalahan dan mencari solusi terkait keamanan dan ketertiban masyarakat.

Polresta Bogor Kota juga intens berkoordinasi dengan Satgas Pelajar Kota Bogor untuk mengantisipasi tawuran pelajar dan kenakalan remaja, terutama pada saat kepulangan sekolah dan malam hari, yang seringkali mengganggu ketertiban.

Kegiatan ‘' dan ‘Ngopi Bareng Kota' menjadi wadah untuk menyerap keluhan masyarakat, membantu kebutuhan pokok yang mendesak, dan meluncurkan nomor aduan call center pribadi Kota.

“Selain itu, kegiatan ini juga menampung aspirasi terkait fasilitas dan kebutuhan masyarakat,” katanya.

Dalam konteks persiapan menghadapi Pemilu 2024, Polresta Bogor Kota juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga netralitas TNI/Polri dalam proses pemilihan, mengedepankan peran serta seluruh unsur Muspika, Toga, Tomas, dan Perangkat RW dalam menyelesaikan permasalahan sosial, termasuk tawuran.

Sementara itu Polresta Bogor Kota menanggapi keluhan mengenai kerawanan kamtibmas, khususnya terkait aksi curanmor di wilayah Balumbang Jaya, dengan melakukan tindak lanjut.

Sat Reskrim akan menindak pelaku curanmor, sedangkan Sat Lantas bersama Bhabinkamtibmas akan melakukan edukasi serta penindakan terhadap pelanggaran tertib lalu lintas dan knalpot brong.

Dengan adanya koordinasi dan partisipasi aktif dari berbagai pihak, diharapkan masukan dari kegiatan ini dapat menjadi landasan bagi Forkompimda dalam menyelesaikan permasalahan serta menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi masyarakat Kota Bogor.***

(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here