Tuesday, 7 May 2024
HomeBeritaMusim Hujan Tiba, Dedie A Rachim Ajak Warga Gotong Royong Bersihkan Irigasi

Musim Hujan Tiba, Dedie A Rachim Ajak Warga Gotong Royong Bersihkan Irigasi

Bogordaily.net Memasuki musim , Wakil Wali mengajak warganya untuk gotong royong. Terutama dalam membersihkan saluran air atau irigasi wilayah masing-masing.

Hal tersebut, kata Dedie, bukan tanpa alasan, sebab saat ini sudah memasuki musim . Dan pembersihan irigasi juga tentunya untuk mengantisipasi banjir.

“Kalau ini merupakan indikasi masuk ke musim penghujan, kita antisipasi jangan sampai terjadi penyumbatan, kemudian terjadi banjir lintasan dan lain-lain,” kata Wakil Wali .

Selain itu, lanjut Dedie, Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) agar segera melakukan pendataan kondisi pohon-pohon yang rawan mengalami roboh atau tumbang.

“Tiba-tiba deras dan angin kencang, sebelumnya panas terik. Ini luar biasa anomali cuaca, dan mungkin apakah ini sudah masuk pancaroba, transisi masuk ke musim penghujan, ini harus kita antisipasi,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Pelaksana BPBD Theofilo Patrocinio Freitas. Ia mengimbau untuk warga agar aktif bekerja bakti di lingkungan masing-masing.

“Dan jangan buang sampah sembarangan ke tempat-tempat aliran air yang bisa menimbulkan tersumbat hingga menyebabkan banjir,” jelasnya.

Selain itu, kata Theo, jika ada endapan sendimen, secara mandiri warga bisa lakukan pembersihan dan memperdalam saluran air agar selalu lancar.

Kemudian, jika ada retakan-retakan yang berpotensi terjadinya longsor di lingkungan yang kita tinggal jangan dibiarkan dan harus segera melaporkan untuk dilakukan evakuasi mandiri.

“karena warga lebih tau apa potensi yang ada di wilayah mereka,” tutup Theo. (Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here