Tuesday, 27 February 2024
HomeNasionalGantikan Firli, Nawawi Pomolango Dilantik Jadi Ketua KPK Sementara

Gantikan Firli, Nawawi Pomolango Dilantik Jadi Ketua KPK Sementara

Bogordaily.net  Presiden Joko Widodo () resmi melantik sebagai sementara, Senin, 27 November 2023.

Dalam pelantikan di Istana Negara yang disiarkan langsung melalui YouTube Sekretariat Presiden, Nawawi mengucapkan sumpah atau janji sebagai sementara di hadapan .

Nawawi dilantik sebagai sementara menggantikan Firli Bahuri yang ditetapkan tersangka oleh Polda Metro Jaya. Penetapan tersangka lantaran terkait kasus dugaan pemerasan hingga penerimaan suap serta gratifikasi terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Selain Nawawi juga melantik Gubernur Riau Edy Afrizal Natar Nasution. Ia menggantikan Syamsuar karena mundur sebagai gubernur untuk maju menjadi caleg di Pemilu 2024.

.(Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Perjalanan Karier  

Dirangkum dari berbagai sumber lahir di Manado pada 28 Februari 1962.

Nawawi menamatkan pendidikan di SD Negeri XIV Manado, SMP Negeri 1 Manado, dan SMA Negeri 1 Manado.

Ia merupakan lulusan sarjana hukum Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi. Kemudian mendalami hukum pidana, pada program magister Universitas Pasundan dan lulus pada 2019.

Nawawi dikenal sebagai hakim putra berdarah Gorontalo yang menjabat sebagai Wakil Ketua KPK sejak 2019.

Ia mengawali kariernya di Pengadilan Negeri Soasio Tidore, Kabupaten Halmahera Tengah pada 1992. Kemudian 1996, menjadi hakim di Pengadilan Negeri Tondano, Sulawesi Utara.

Setelah itu 2001 dimutasi ke Pengadilan Negeri Balikpapan dan dipindahkan ke Pengadilan Negeri Makassar pada 2005. Nawawai kemudian dipromosikan menjadi Ketua Pengadilan Negeri Poso masa jabatan 2010–2012.

Nawawi sempat  menjadi Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada 2016. Setelah itu pada 2017 dipromosikan menjadi hakim tinggi pada Pengadilan Tinggi Denpasar.

Pada 20 Desember 2019, Nawawi beserta 4 Komisioner KPK dilantik Presiden RI Joko Widodo. Ia menjabat sebagai Wakil Ketua KPK periode 2019-2023.

Selanjutnya pada 24 November 2023, Nawawi dilantik menjadi Ketua KPK sementara menggantikan Firli Bahuri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here