Saturday, 4 May 2024
HomeKota BogorPetugas Jasa Marga Hilang Terseret Arus Sungai Cibalok Bogor

Petugas Jasa Marga Hilang Terseret Arus Sungai Cibalok Bogor

Bogordaily.net – Petugas hilang air bah saat membersihkan saluran air di aliran Sungai Cibalok tepatnya di RT.01/RW.01, Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor.

Danru BPBD Kota Bogor, Maruli Sinambela mengatakan bahwa pihaknya menerima laporan dari warga sekitar pukul 12.00 WIB dengan keterangan ada seorang petugas yang hanyut masuk ke gorong-gorong saat bekerja membersihkan sampah dan lumpur.

“Informasi di lapangan korban bernama Rizal (49) saat itu bersama rekannya dua orang sedang bekerja membersihkan sampah dan lumpur, namun tiba-tiba datang air bah hingga mendorong korban masuk kedalam gorong-gorong, sedangkan dua orang rekan kerjanya selamat,” ucapnya pada Senin, 13 November 2023.

Lantaran korban belum ditemukan, Maruli menyebut pihaknya bersama tim SAR gabungan langsung membentuk tim dan menyisir area aliran air tersebut dengan membagi beberapa titik lokasi pencarian.

“Sekarang tim SAR gabungan lintas instansi sedang melakukan pencarian di sekitaran aliran sungai tersebut. Kita bagi menjadi beberapa titik lokasi pencarian yakni titik awal sampai Mall Ramayana Tajur, dari situ dilanjut ke Sukasari, kemudian dari Sukasari ke Gang Aut, Suryakencana,” ungkapnya.

Selain pencarian dengan menyusuri aliran air, tim SAR gabungan berkoordinasi dengan warga sekitar dan aparatur wilayah untuk memantau dan memonitor apakah melihat ada orang terbawa arus air pada pukul 13.00 WIB.

“Kendalanya disini banyak gorong-gorong yang dilintasi aliran air tersebut, kami akan memastikan terlebih dahulu kepada saksi-saksi, apakah korban ini betul-betul terbawa arus dan berkoordinasi dengan aparatur wilayah, RT, RW yang dilintasi aliran air untuk melakukan pemantauan visual,” jelasnya.

Menurut Maruli, setelah ditelusuri aliran air saat korban bekerja ternyata di hulu tepatnya aliran air Simpang Ciawi sedang dilakukan normalisasi sehingga Maruli menilai ada miss komunikasi antara petugas yang bekerja di lokasi kejadian dan di Simpang Ciawi.

“Setelah ditelusuri, adanya air bah ini berasal dari aliran air di Simpang Ciawi, setelah di cek ke lokasi memang benar sedang ada pekerjaan normalisasi. Mungkin tidak ada koordinasi antara yang dibawah (korban) dan diatas (Simpang Ciawi),” tandasnya menjelaskan peristiwa petugas yang di Kota Bogor tersebut.***

(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here