Thursday, 29 February 2024
HomeBeritaProfil Hassan Nasrallah, Pemimpin Berkarisma Hizbullah yang Membangkitkan Organisasi

Profil Hassan Nasrallah, Pemimpin Berkarisma Hizbullah yang Membangkitkan Organisasi

Bogordaily.net – Siapa Hassan Nasrallah? Hassan Nasrallah, Sekretaris Jenderal Hizbullah, adalah sosok karismatik yang memimpin kelompok militan Muslim Syiah di Lebanon.

Latar Belakang 
Lahir pada tahun 1960 di Beirut Timur, Nasrallah tumbuh sebagai seorang murid yang berdedikasi pada ajaran Islam. Konflik saudara di Lebanon pada 1975 membawa keluarganya kembali ke desa Bazzouriyeh, Lebanon selatan.

Perjalanan Menuju Kepemimpinan
Sebagai seorang remaja, Nasrallah bergabung dengan gerakan Amal, yang mewakili komunitas Syiah di Lebanon. Dia kemudian pergi ke Najaf, Irak, pada tahun 1976 untuk mempelajari Al Quran di seminari Syiah.

Pada tahun 1978, Nasrallah dan rekan-rekannya diusir dari Irak oleh pemerintah Baath. Mereka kembali ke Lebanon, dan Nasrallah belajar di sekolah pemimpin Amal, Sheikh Abbas al-Musawi.

Kebangkitan Hizbullah
Setelah invasi Israel pada tahun 1982, Nasrallah dan Musawi keluar dari Amal dan bergabung dengan Hizbullah, yang didukung oleh Iran. Pada tahun 1992, Nasrallah mengambil alih kepemimpinan Hizbullah setelah pembunuhan al-Musawi oleh militer Israel.

Dibawah kepemimpinan Nasrallah, Hizbullah menjadi kekuatan yang signifikan dalam melawan pasukan Israel di Lebanon selatan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here