Saturday, 25 May 2024
HomeKabupaten BogorSeruu! Ice Breaking Pembelajaran Bahasa Arab-Kelompok 6 PLP Magang IUQI Bogor

Seruu! Ice Breaking Pembelajaran Bahasa Arab-Kelompok 6 PLP Magang IUQI Bogor

Bogordaily.net – Kelompok 6 PLP Magang Institut Ummul Quro Al Islami (IUQI) Bogor Program Studi Pendidikan Bahasa Arab sukses melakasanakan Pembelajaran Bahasa Arab yang seru dan berkesan di Pondok Pesantren Modern Gaza Al-Islami selama 2 bulan.

Ciri khas pesantren adalah adanya pembelajaran bahasa Arab yang diajarkan kepada seluruh santrinya.

Namun, Bahasa Arab menjadi salah satu pelajaran yang di anggap sulit dan membosankan untuk di pelajari. Karena nya, motivasi dan minat para santri berkurang.

Dengan adanya Ice Breaking di saat pembelajaran, maka santri-santri bisa membangun suasana belajar yang dinamis, penuh semangat dan antusias.

“Ice breaking adalah permainan atau kegiatan yang berfungsi untuk mengubah susana kebekuan dalam kelas. Sebelum pembelajaran berlangsung, untuk memecahkan kebekuan di awal di perlukan ice breaking yang bersifat spontan atau tanpa persiapan khusus,”

Beberapa manfaat melakukan aktifitas ice breaking, seperti santri-santri berpikir secara kreatif, luas, mengembangkan dan mengoptimalkan otak dan kreativitas santri dalam belajar.

Haikal Pratama, S. Hum guru Bahasa Arab menyampaikan bahwa motivasi dan minat belajar santri dalam Bahasa Arab mulai berkembang.

Menurutnya, pelajaran Bahasa Arab tidak lagi menjadi pelajaran yang membosankan dengan adanya Ice breaking.

Adapun Ice breaking dalam Pembelajaran Bahasa Arab di lakukan oleh anggota kelompok 6 PLP Magang , yakni Dian Mardiana, Siti Saripah, Siti Sahwana, Nurul Widad Khulaidah, Ainun Fadilah dan Maya Ismawati.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here