Monday, 20 May 2024
HomeKabupaten BogorTingkatkan Kapasitas Kinerja, Pemdes Ciadeg Bogor Belajar ke Yogyakarta

Tingkatkan Kapasitas Kinerja, Pemdes Ciadeg Bogor Belajar ke Yogyakarta

Bogordaily.net – Pemerintah Desa (Pemdes) , Kecamatan , Kabupaten Bogor melaksanakan study banding ke Yogyakarta. Kegiatan tersebut dilakukan guna belajar dalam rangka peningkatan kapasitas kinerja.

Kepala Desa Wahyu Rahayu mengatakan kegiatan study banding diikuti oleh staf Pemdes , ketua Tim Penggerak PKK, dan koordinator posyandu.

Mereka melakukan survei lokasi-lokasi pariwisata serta penataan lingkungan yang bersih baik di jalan protokol maupun gang-gang perkampungan.

“Banyak hasil study banding yang kami dapat dari Yogjakarta. Salah satunya yang menarik itu di Gunung Merapi. Kami juga melihat wilayah Yogyakarta sangat menjaga kebersihan di setiap jalan protokol dan maupun gang warga,” kata Wahyu Rahayu, Minggu 19 November 2023.

Wahyu menjelaskan pada 2010 terjadi erupsi sangat besar di Gunung Merapi yang berdampak besar terhadap kehidupan warga. Sehingga harus direlokasi ke tempat yang disiapkan oleh pemerintah.

“Namun setelah musibah itu warga dan Pemdes di sana tidak berputus asa. Hasilnya sampai sekarang menjadi lokasi pariwisata yang banyak dikunjungi wisatawan luar dan dalam negeri, sehingga mengubah perekonomian warga menjadi lebih maju,” tambahnya.

Menurutnya, study banding untuk peningkatan perangkat desa dengan menggunakan anggaran Bantuan Provinsi (Banprov) 2023 itu nantinya akan direalisasikan di Desa .

Wahyu menargetkan pembangunan di desanya akan diprioritaskan untuk bangun Tempat Penahanan Tanah (TPT). Setelah itu kemudian akan dikembangkan ke arah wisata desa.

Dikemukakannya bahwa wilayah desanya merupakan daerah yang terdapat jurang atau tebing sehingga rawan longsor.

“Insha Allah sedikit demi sedikit Pemdes fokuskan skala prioritas agar masyarakat merasa aman dan nyaman. Kalau untuk pembangunan betonisasi jalan kebanyakan sisa tanah jalan PT KAI yang tidak bisa dibangunkan oleh anggaran APBDes,” tutupnya.
(Acep Mulyana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here