Monday, 29 April 2024
HomeNasionalViral Simbol Semangka dan Palestina, Ini Artinya

Viral Simbol Semangka dan Palestina, Ini Artinya

Bogordaily.net Media sosial diramaikan dengan penggunaan gambar dan menjadi simbol bentuk dukungan untuk Palestina, lalu apa artinya?

Palestina terus digempur Israel imbas peperangannya dengan Hamas. Berbagai bentuk dukungan dilakukan untuk Palestina melalui media sosial. Seperti gambar hingga viral. Banyak yang menggunakan gambar sebagai simbol dukungan untuk Palestina.

Gambar dijadikan sebagai simbol Palestina juga pernah dilakukan setelah Perang Enam Hari pada 1967. Saat itu Israel menduduki Tepi Barat dan Gaza dan mengambil Yerusalem Timur.

Sebagaimana dilansir dari CNN Indonesia, Pemerintah Israel mendeklarasikan kalau memajang bendera Palestina akan dianggap sebagai tindak pidana di Gaza dan Tepi Barat.

Demi menghindari larangan tersebut, orang-orang Palestina lantas mengakalinya dengan menggunakan seperti dikutip Time.

Saat dibelah, penampakan menyerupai bendera nasional Palestina. Dagingnya merah, bijinya hitam, serta kulit berwarna hijau.

Pemerintah Israel menyadari arti dari dan memperluas larangan untuk gambar maupun sesuatu yang mencakup tiga warna tersebut.

Larangan terhadap bendera Palestina kemudian dicabut pada 1993. Kala itu ada Kesepakatan Oslo (Oslo Accords) yang mensyaratkan pengakuan bersama oleh Israel dan Palestina.

Kesepakatan ini pun menjadi perjanjian formal Israel-Palestina pertama yang mencoba menyelesaikan konflik kedua wilayah selama beberapa dekade.

Di sisi lain, The New York Times juga pernah mencatat peran sebagai simbol Palestina selama masa larangan bendera.

Dalam laporanya, para pemuda di Jalur Gaza ditangkap karena membawa irisan saat melakukan aksi protes.

Seiring berjalannya waktu, penggunaan semangka sebagai simbol Palestina juga terjadi pada 2007. Kemudian pada 2021, semangka kembali populer.

Demikian viral pemakaian simbol semangka dan Palestina berikut artinya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here