Sunday, 28 April 2024
HomeKota BogorWali Kota Bogor Minta Dinas PUPR Terapkan Pemeliharaan Jalan dari Bro Ron

Wali Kota Bogor Minta Dinas PUPR Terapkan Pemeliharaan Jalan dari Bro Ron

Bogordaily.net meminta Dinas PUPR Kota Bogor mengimplementasikan pemeliharaan jalan dari Ronald Sinaga.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor menggelar workshop tata cara perbaikan kerusakan jalan bersama CEO PT Mulia Karya Sabat Ronald Sinaga di Kantor Dinas PUPR, Jalan Pemuda, Kota Bogor Senin, 27 November 2023.

Workshop yang dihadiri 110 pekerja lapangan Dinas PUPR ini sebagai upaya evaluasi teknis pengerjaan pemeliharaan jalan di Kota Bogor.

“Saya lihat harus dievaluasi secara teknis pengerjaan pemeliharaan di Kota Bogor, jangan selalu menyalahkan musim hujan,” ujar , dalam keterangannya di laman resmi Pemkot Bogor.

menyebut kerusakan jalan di Kota Bogor disebabkan karena teknik pemeliharaan yang kurang tepat. Pihaknya pun mengundang Ronald Sinaga atau biasa disapa Bro Ron yang dinilai mengerti soal teknis pemeliharaan jalan.

Bro Ron menyarankan agar pemeliharaan jalan memakai hotmix dan tidak lagi memakai coldmix.

“Hotmix memang di awal penganggarannya lebih besar karena biayanya lebih mahal dari coldmix, tapi secara kualitas hotmix lebih kuat secara jangka panjangnya,” ujar .

Pihaknya pun mengevaluasi penggunaan beton. Menurut Bro Ron penggunaan jalan beton tidak tepat, sebaliknya aspal jauh lebih bagus asal pondasinya kuat.

Dengan evaluasi ini targetnya tentu saja untuk menghemat biaya pemeliharaan dan menghemat waktu pemeliharaan alias tidak lagi bulak-balik tambal sulam.

“Saya juga minta apa yang disarankan Bro Ron bisa diterapkan dan nanti saya minta Bu kadis menghitung ulang semua sehingga ada konsekuensinya saat penganggaran 2024,” jelasnya.

Saran Bro Ron

CEO PT Mulia Karya Sabat, Ronald Sinaga mengatakan, ia sudah pernah memberikan workshop di Kabupaten Kendal. Namun, ini pertama kalinya memberikan workshop di Kota Bogor. Ia diundang langsung wali kota dan Kadis PUPR Kota Bogor untuk berbagi ilmu.

“Kota Bogor itu unik, spesial dan perlu ekstra kerja keras karena kota hujan dan memang aspal ini musuhnya air. Salah satu prioritasnya mengganti teknik pengerjaan di musim hujan dan tipe material yang dipakai,” ujar Bro Ron.

Ia juga menyarankan ketika di musim hujan memakai coldmix, setelahnya jika sudah di musim kemarau dan banyak jalan yang rusak agar segera diperbaiki dengan hotmix. Sebab hotmix jauh lebih tahan lama dibanding coldmix yang mana selisihnya bisa bertahun-tahun.

Menurut Bro Ron, biaya hotmix memang sedikit lebih mahal sedikit, tetapi umurnya lebih panjang. Sehingga hitungan jangan panjangnya jauh lebih murah dibanding coldmix yang cepat rusak.

“Secara akademis pun pernah dites coldmix  tidak pernah bertahan lebih dari satu tahun,” imbuhnya.

Ia kemudian mengevaluasi teknis pemeliharaan Dinas PUPR Kota Bogor yang masih kurang update. Sebab, teknik pemeliharaan ini dipelajari di tahun 1990-an. Pihaknya pun akan meng-update teknik pemeliharaan terbaru yang lebih tahan lama. Material juga akan dibicarakan dengan Kadis PUPR karena material juga perlu di update.

Hal paling penting menurutnya, pimpinan siap menerima ilmu dan siap mengaplikasikannya. Sebab kondisi aspal di Kota Bogor sama dengan kota lain, hanya saja memang pemeliharaannya berbeda.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here