Friday, 3 May 2024
HomeKabupaten Bogor60 Ribu Kendaraan Masuk Puncak Bogor, Kapolda Hingga Gubernur dan Pangdam Turun...

60 Ribu Kendaraan Masuk Puncak Bogor, Kapolda Hingga Gubernur dan Pangdam Turun Tangan

Bogordaily.net – Sedikitnya 60 ribu Kendaraan roda empat dan roda dua memasuki Jalan Raya Puncak Bogor baik dari Jabodetabek maupun dari arah Bandung dan Cianjur.

Demikian hasil pantauan traffic counting Badan Pengelola Transportasi Jabotabek (BPTJ) sejak Sabtu dan Minggu 23-24 Desember 2023.

Memasuki liburan sekolah, Natal dan Tahun Baru kemacetan arus lalu lintas di sepanjang Jalan Raya Puncak pada

Minggu 24 Desember 2023 cukup parah. Pada pukul 07.30 WIB, antrean kendaraan dari arah tol Jagorawi ke Simpang Gadog sudah mencapai KM 45 rest area atau kurang lebih sudah 3 kilometer.

Satlantas Polres Bogor pun memberlakukan satu arah menuju Puncak pada pukul 08.30 WIB. Dari arah Puncak menuju Jakarta one pada pukul 12.00 WIB.

Akibat diberlakukan one way di jalur Jalan Raya Puncak, mobilitas kendaraan beralih ke jalur-jalur alternatif. Seperti terpantau di Jalan Cikopo Selatan dari hingga Citeko-Cisarua, kemacetan parah tak bisa dihindari imbas one way ini.

Dipantau Gubernur, Kapolda, dan Pangdam

Kemacetan di Puncak mendapat atensi Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin bersama Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Akhmad Wiyagus dan Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko. Mereka hadir ke Puncak menggunakan pesawat helikopter. Kedatangan mereka guna memantau situasi arus lalu lintas di sepanjang Jalan Raya Puncak.

Didampingi pula oleh Bupati Bogor Iwan Setiawan, Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro, Danrem 061/Surya Kencana Brigjen TNI Anan Nurakhman, dan Dandim 0621 Letkol Kav Gan Gan Rusgandara, mereka kemudian menggunakan kendaraan roda empat start dari Pos Polisi Gadog menuju perbatasan Cianjur dan sebaliknya.

“Total petugas gabungan yang diturunkan Polri dan TNI ada sebanyak 1.186 anggota. Kami mengapresiasi kesiapan yang dilakukan oleh Polda Jabar dibantu oleh Kodam III Siliwangi dalam mengatasi kemacetan arus lalu lintas di Puncak. Walaupun macet tapi masih bisa jalan, diatur dengan baik, dan masyarakat juga tertib,” kata Bey Machmudin.

Sementara itu, Kapolres Bogor melalui Kepala Urusan Pembinaan Operasi Lantas (KBO Satlantas) Polres Bogor, Iptu Ardian Novianto, menjelaskan dalam mengurai kemacetan selain memberlakukan sistem one way juga diberlakukan ganjil genap pada pukul 06.30 WIB untuk kendaraan yang akan menuju kawasan wisata Puncak.

“Jadi one way kita lihat secara situasional nanti dilihat by data dan melalui cctv maupun data dari tol apabila sudah berkurang maka akan kami normalkan dua arah. Apabila melebihi dari tiga jam maka akan langsung kami terapkan one way dari Puncak menuju Jakarta,” imbuhnya.***

(Acep Mulyana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here