Monday, 29 April 2024
HomeKabupaten BogorAntisipasi Kecelakaan, Bus Via Puncak Diperiksa Dishub

Antisipasi Kecelakaan, Bus Via Puncak Diperiksa Dishub

Bogordaily.net – Guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya selama libur Tahun Baru, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor memeriksa (ramp check) semua kendaraan yang melintas di , Kamis 28 Desember 2023.

Semua yang melintas diberhentikan dan pemeriksaan (ramp check) dipusatkan di Rest Area seberang Hotel Parama, Desa Citeko, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Selain Dishub, kegiatan ramp check juga melibatkan anggota Polri dari , TNI, serta Sub Denpom Bogor.

Ramp Check atau inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum ini bertujuan untuk memastikan kondisi kendaraan salah satunya pariwisata di masa libur panjang sekaligus sebagai antisipasi terjadinya kecelakaan.

Kabid Sarana dan Transportasi Jalan Dishub Kabupaten Bogor, Risnandar, mengatakan, setiap kendaraan diperiksa satu per satu mulai dari kelengkapan teknis hingga kelengkapan secara administrasi guna memastikan semua layak jalan.

Adapun objek pemeriksaan lebih rinci atau uji KIR seperti sistem alat kemudi, sistem penerangan, fasilitas tanggap darurat, perlengkapan kendaraan bermotor, badan kendaraan beserta komponen pendukung hingga kelengkapan syarat pengemudi.

“Jika semua komponen pemeriksaan sudah terpenuhi, maka kendaraan akan mendapat predikat lulus kelayakan dan mendapatkan stiker kelayakan dari Dishub,” ujarnya.

Risnandar menegaskan, ramp check kali ini lebih difokuskan terhadap - pariwisata dari arah Cianjur menuju Jakarta. “Karena kondisi kontur jalan dari arah Cianjur ke Jakarta menurun yang banyak menyebabkan kecelakaan akibat kerusakan teknis pengereman Sehingga kondisi rem harus baik. Hasil pemeriksaan ini ada dua unit yang kondisinya harus diperbaiki. Setelah diperbaiki baru boleh melanjutkan perjalanan. Satu unit diberikan surat teguran untuk menyelesaikan administrasi,” ungkapnya.***

(Acep Mulyana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here