Saturday, 2 March 2024
HomeKota BogorBincang Bogordaily Hadirkan Dr. Leslie Melisa, M.Sc, Sp.KJ Bahas Dampak Bullying 

Bincang Bogordaily Hadirkan Dr. Leslie Melisa, M.Sc, Sp.KJ Bahas Dampak Bullying 

Bogordaily.net – Dalam episode terbaru , studio podcast Bogordaily di kawasan Kemang, kedatangan tamu istimewa, yaitu Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa dari RS Murni Teguh Ciledug, dr. Leslie Melisa, M.Sc, Sp.KJ, pada Jum'at, 8 Desember 2023.

Dalam kesempatan tersebut, dr. Leslie Melisa hadir dengan mengenakan atribut snelli, memberikan wawasan yang mendalam seputar stigma dan trauma akibat psikologis bullying.

Host acara, Manager Marketing RS Murni Teguh Ciledug, dr. Tita Chairinisa, memandu perbincangan yang tidak hanya informatif namun juga sensitif terhadap isu kesehatan mental.

Podcast kali ini fokus membahas dampak psikologis bullying, terutama dalam konteks anak-anak.

Dr. Leslie Melisa mengungkapkan, bahwa pada kesehatan mental dapat mencakup gejala depresi, bahkan hingga mendorong seseorang untuk mengakhiri hidupnya.

pada mental kita banyak, salah satunya sampai gejala depresi hingga sampai mau mengakhiri hidupnya,” ungkap dr. Leslie Melisa.

Cara Pendekatan

Dalam konteks anak-anak, dr. Leslie Melisa menyoroti perbedaan pendekatan tergantung pada usia.

Anak-anak TK dan SD, kata dr. Leslie Melisa, memerlukan intervensi dari orang tua dan pihak sekolah.

“Sementara anak SMP dan SMA mungkin dapat belajar untuk mengatasi dampak psikologis bullying secara mandiri,” ucapnya.

Terkait dengan penanganan dari segi medis, dr. Leslie Melisa menjelaskan bahwa, terapi akan disesuaikan dengan temuan dokter.

Apabila ditemukan gejala depresi yang berat, pemberian obat mungkin menjadi solusi.

Namun, dr. Leslie Melisa menekankan bahwa pendekatan terapi juga melibatkan psikoterapi, di mana pasien diajak untuk berbicara tentang trauma yang dialami dan terhadap diri dan kehidupannya, serta cara mengatasi dampak tersebut.

“Bullying itu ada yang melalui ucapan dan fisik, namun dampak keduanya memiliki kesamaan. Dampak pada fisik adalah rasa sakit pada fisik (tubuh), sedangkan dampak psikologis juga sama sakitnya meski tidak terlihat kasatmata,” jelas dr. Leslie Melisa.

Perbincangan dalam kali ini memberikan pemahaman mendalam tentang kompleksitas dampak psikologis bullying pada kesehatan mental.

Perlunya perhatian lebih terhadap isu ini dalam masyarakat. Podcast ini diharapkan dapat memberikan edukasi dan dukungan bagi mereka yang mungkin mengalami atau berurusan dengan dampak negatif bullying.(Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here