Monday, 22 April 2024
HomeKabupaten BogorBKRL Award 2023: Bupati Bogor Apresiasi Para Penggiat Lingkungan 

BKRL Award 2023: Bupati Bogor Apresiasi Para Penggiat Lingkungan 

Bogordaily.net Iwan Setiawan memberikan apresiasi kepada para penggiat lingkungan Kabupaten Bogor melalui kegiatan Bogor Kabupaten Ramah Lingkungan (BKRL) Tahun 2023 di Lapangan Tegar Beriman, Senin 18 Desember 2023.

Iwan Setiawan mengatakan, BKRL atau perlombaan Kampung Ramah Lingkungan (KRL) merupakan agenda tahunan sebagai bentuk apresiasi kepada para penggiat lingkungan. Baik tingkat RT, RW untuk memotivasi seluruh masyarakat dalam meningkatkan budaya peduli lingkungan.

“Terima kasih dan selamat kepada seluruh peserta dan penggiat lingkungan dan Dinas Lingkungan Hidup senantiasa menyelenggarakan perlombaan Kampung Ramah Lingkungan ini,” kata Iwan Senin, 18 Desember 2023.

“Mari kita bersama-sama meningkatkan kualitas hidup, dengan membangun kepedulian terhadap lingkungan. Dimulai dari diri sendiri, keluarga, kampung, dan lingkungan di mana kita tinggal,” imbuhnya.

Bogor Kabupaten Ramah Lingkungan
Bogor Kabupaten Ramah Lingkungan (BKRL) Tahun 2023 digelar di Lapangan Tegar Beriman, Senin 18 Desember 2023. (Albin/Bogordaily.net).

Menurutnya, berbagai kegiatan lingkungan yang telah dilaksanakan. Antara lain pengelolaan sampah, perbaikan sanitasi, penataan lingkungan, penanaman pohon. Lalu pembuatan lubang biopori, mitigasi dan adaptasi lingkungan serta mendorong pemanfaatan potensi.

“Serta kearifan lokal untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekaligus menjaga ketahanan lingkungan secara berkesinambungan,” jelasnya.

Selanjutnya, Plh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Endah Nurmayanti menambahkan, tujuan kegiatan ini adalah bentuk apresiasi Pemerintah Kabupaten Bogor kepada RT, RW, kampung mandiri dan berkelanjutan yang telah melakukan pengelolaan lingkungan.

Bogor Kabupaten Ramah Lingkungan

Tingkatkan Partisipasi Masyarakat

Pihaknya juga turut mengapresiasi terhadap sekolah yang telah menerapkan dan membudayakan pengelolaan lingkungan hidup di sekolah.

“Penghargaan ini kami selenggarakan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membangun wilayahnya sendiri dengan asri, bersih dan sehat serta ramah lingkungan. Juga sebagai media edukasi kepada masyarakat mengenai perlindungan lingkungan di Kabupaten Bogor,” ujar Endah.

Terdapat 204 KRL. Ada Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional, Provinsi, Mandiri dan Kabupaten. Juga terdapat kampung iklim, pendamping lingkungan hidup para wajib distribusi pengelolaan sampah telah melaksanakan retribusi pembayaran teratur dan secara online.

KRL Tingkat Jawara ada 3 KRL terbaik dari 8 peserta, KRL Tingkat Utama ada 3 KRL terbaik dari 21 peserta, KRL Tingkat Madya ada 6 KRL terbaik dari 98 peserta. Dan KRL Tingkat Pratama 6 KRL terbaik dari 141 peserta. (Albin Pandita)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here