Monday, 6 May 2024
HomeKabupaten BogorBogor Digoyang Gempa Bumi, Belasan Rumah di Pamijahan Rusak

Bogor Digoyang Gempa Bumi, Belasan Rumah di Pamijahan Rusak

Bogordaily.net di Bogor berkekuatan Magnitudo 4,0 mengakibatkan belasan rumah di Desa Purwabakti,  Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor Rusak.

Gempa bumi dengan kedalaman 5 kilometer pada Jumat (8/12/2023) sekira pukul 02.00 WIB itu pun berdampak.

Belasan rumah warga di Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor rusak karena terdampak yang terjadi pada Jum'at 8 Desember 2023.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, M Adam Hamdani mengungkapkan bahwa, peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 02.00 WIB dengan magnitudo 4.3.

“Telah terjadi gempa dengan kekuatan 4.3 Skalarikter, sehingga berdampak pada pemukiman warga di Desa Purwabakti Kecamatan Pamijahan,” kata M Adam Hamdani dalam keteranganya, Jum'at 8 Desember 2023.

Akibat peristiwa tersebut kata Adam, sebanyak 4 Kampung dan 14 rumah warga terdampak kerusakan, yakni di Kamung Cigarehong RT/RW 02/08, Pada Jaya RT/RW 01,02/09, Pada Jembar RT/RW 04/09, dan Cimapag RT/RW 01/12.

“Sekitar 14 unit rumah warga mengalami kerusakan yang bervariatif,” jelasnya.

Selain itu, turut terdampak juga kerusakan pada fasilitas Mushollah Al-Istikomah di Kampung Cigarehong RT/RW 02,08 dan Mushollah Al-Falah di Kampung Pada Jaya RT/RW 02,09.

Ia mengatakan, berbagai upaya yang di lakukan TRC BPBD Kabupaten Bogor diantaranya telah  berkoordinasi dengan aparatur setempat, dan melakukan tindakan sesuai standar operasional prosedur (SOP) kebencanaan.

“Kami juga telah melakukan kaji cepat bencana, melakukan analisa di TKP dan memberikan edukasi kebencanaan dan himbauan kepada masayarakat,” ujar M Adam.

Ia menambahkan, pihaknya masih melakukan kaji cepat di lokasi yang terdampak gempa, dikarenakan titik lokasi wilayah yang terdampak cukup berjauhan.

“Dampak gempa juga mengakibatkan kondisi rumah mengalami retakan dan di lokasi Kampung Pada Jaya cukup parah, sampai ada retakan yang bisa mengakibatkan pergeseran tanah dan ,” ungkapnya menjelaskan kondisi pasca yang berdampak pada rumah warga di Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.***

(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here