Tuesday, 30 April 2024
HomeKabupaten BogorBPTJ Mulai Uji Coba Sky Bridge Bojonggede Bogor Hari Ini

BPTJ Mulai Uji Coba Sky Bridge Bojonggede Bogor Hari Ini

Bogordaily.net – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mulai melakukan uji coba di Kabupaten Bogor mulai hari ini, Selasa, 5 Desember 2023.

BPTJ menyebut dapat meningkatkan minat masyarakat menggunakan kereta rel listrik (KRL).

Sky Bridge atau jembatan penyebrangan ini menghubungkan antara Terminal Bojongede dengan Stasiun KRL Commuter Line Bojonggede.

Plt Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Suharto mengatakan hadirnya skybridge menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mengurai kemacetan. Khususnya yang kerap terjadi di Jalan Raya Bojonggede akibat kepadatan di Stasiun Bojonggede.

Menurutnya, uji coba Sky Bridge dilakukan untuk membuat penumpang KRL lebih mudah dalam menjangkau stasiun. Terlebih, dengan tersedianya tempat parkir kendaraan pribadi di dekat skybridge.

“Secara prinsip ini bahawa ada hal kita banggakan bahwa sky bridge bisa berfungsi dengan baik,” kata Suharto Selasa, 5 Desember 2023.

Ia mengatakan, sky bridge ini bisa dioperasionalkan dalam arti para operator angkutan kota nantinya akan berhenti ditempat yang telah disediakan. Dan bukan di depan atau di jalan yang saat ini terjadi.

Sehingga nantinya dapat mengurai kemacetan, serta masyarakat terbiasa turun dari angkutan kota dengan menggunakan sky bridge, jalan kaki atau eskalator.

“Tadi kita naik sisi sebelah kanan itu akan menjadi potensi puck in ride kepada masyarakat yg menggunakan motor/mobil kami sudah siapkan. terkait kapasitas nantinya akan menyusul juga,” jelasnya.

Ia menambahkan, beberapa fasilitas yang masih dalam pengembangan seperti puck in ride yang tidak cukup kemungkinan pihaknya akan menyiapkan double decker.

“Seandainya double decker tidak memenuhi lagi. kita akan siapkan lahan lagi bersama sama Pemkab Bogor,” ujar Suharto.

Sebagai informasi, Stasiun Bojonggede saat ini menjadi stasiun terpadat ketiga di Indonesia setelah Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Kota Bogor dengan rata-rata 65.000-70.000 penumpang per hari.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here