Sunday, 28 April 2024
HomeNasionalBrimob Gelar Kejurnas Indoor Skydiving, Miliki Fasilitas Terbesar se-Asia Tenggara

Brimob Gelar Kejurnas Indoor Skydiving, Miliki Fasilitas Terbesar se-Asia Tenggara

Bogordaily.net – Korps Polri menggelar Kejurnas Indoor Skydiving, Jumat 8 Desember 2023. Kompetisi yang berlangsung di Gedung Tan Satrisna Wind Tunnel Cikeas, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor tersebut merupakan skydiving indoor terbesar se-Asia Tenggara.

Sebanyak 108 peserta dari TNI Polri, pelajar, dan masyarakat umum, mengikuti Kejurnas. Peserta imemperebutkan piala Dankor Cup 2023, dalam menyambut HUT ke-78 Korps Polri.

Mengusung tema ‘sportivitas dan berprestasi untuk Indonesia Maju', kejuaraan dibuka langsung oleh Wadankor Irjen Pol Ramdani Hidayat. Kejuaraan ini berlangsung hingga Minggu 10 Desember 2023.

Irjen Pol Ramdani Hidayat mengatakan, kompetisi ini diharapkan menjadi ajang bagi jajaran Korps menjalin silaturahmi antarsesama atlet penerjun payung. Terutama TNI, Polri, dan masyarakat umum.

“Karena bagaimana pun anggaran ini milik rakyat, kami upayakan juga nanti kepentingan pun harus bisa digunakan untuk masyarakat umum,” kata Ramdani.

Institusi Polri berharap dari kejuaraan dapat memunculkan bibit-bibit baru atlet lokal, nasional, hingga tingkat internasional.

Terbesar di Asia Tenggara

Ramdani menjelaskan fasilitas indoor skydiving yang ada di Korps memiliki kapasitas terbesar di banding negara tetangga, Malaysia, dan Singapura.

“Terbesar se-Asia Tenggara, di sana untuk orangnya paling dua, kapasitas maksimal 4. Kalau yang kita punya ini bisa sampai 10 orang. Ada yang latihan di sana, per jamnya 15 juta, mahal hanya satu jam. Berbeda dengan di sini kita meningkatkan kemampuan, masyarakat untuk hiburan juga, kita harapkan,” kata Ramdani.

Sementara itu, Ketua PTP Garuda, Zaid dan Ricki, mengemukakan bahwa persiapan event cukup mendadak.

“Kami baru tahu seminggu belum hari start. Kami geber latihan sampai teman tim saya sakit, tapi demi terus mengasah kemampuan kami tetap memberikan yang terbaik,” kata Tim PTP Garuda, Zaid dan Ricki, Minggu 10 Desember 2023.

Peserta berharap ajang ini mampu melengkapi fasilitas sehingga memajukan dunia olahraga skydiving di Indonesia.

“Kami juga berharap bisa menemukan bibit baru yang muda-muda untuk membanggakan Indonesia ke depan nantinya,” imbuh Ricki.

Gandeng PTP Polri dan FASI

Kejurnas Indoor Skydiving Dankor Cup 2023 bekerjasama dengan Persatuan Terjun Payung (PTP) Polri dan Komite Terjun Payung PB Federasi Aero Sport Indonesia (FASI).

Beberapa nomor yang dipertandingkan di antaranya 4 Way Advance, 4 Way Intermediate, 4 Way Women, 2 Way Advance, 2 Way Intermediate, 2 Way Veterab, 2 Way Women, 2 Way VFS, dan 8 Way.

Ketua Komite Terjun Payung Indonesia, Irvan Zuladry, menyampaikan, di luar negeri olahraga indoor skydiving sudah menjadi yang familiar. Di Indonesia saat ini baru berkembang dengan pesat.

“Karena memang kesiapan dan ketersediaan. Kami dari federasi ke depan juga akan berusaha kordinasi dengan KONI, agar bagaimana ke depan nomor-nomor di skydiving ini bisa dipertandingkan di Indonesia,” jelasnya

Wakil I Ketua Umum Koni Pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno, mengapresiasi Korps Polri yang menyediakan fasilitas terjun payung skydiving Indoor yang berada di darat.

“Beberapa hal yang positif adalah, kita tidak tergantung pesawat, kedua anggaran saya kira akan lebih kecil dibandingkan dengan pesawat, meskipun operasionalnya cukup besar,” katanya.

Sejumlah atlet sedang bertanding Skydiving di Kejurnas indoor yang digelar Korps Brimob Polri 8-10 Desember 2023.(Istimewa/Bogordaily.net)

Lahirkan Atlet Terjun Payung 

Suwarno berharap dengan adanya skydiving indoor ini Indonesia mampu melahirkan atlet terjun payung baru. Dan, selain itu dapat mengelar pertandingan yang siap di sekala internasional.

“Menghasilkan atlet-atlet yang ikut mengibarkan merah putih di forum internasional,” katanya.

Skydiving di Korps Brimob ini, kata dia, merupakan fasilitas yang terbesar di kawasan asia. Indonesia sendiri memiliki beberapa lokasi skydiving indoor, di antaranya empat di Jakarta, dua di Jawa Barat, dua di Jawa Timur, dan satu di Bali.

“Tetapi yang terbesar di Mako Brimob ini, ini sesuatu yang positif ke depan kita tinggal melihat dalam pembinaan atlet khususnya disiplin skydiving,” katanya.

Suwarno menyampaikan, Brimob sendiri membuka peluang bagi Polri, TNI, dan masyarakat umum untuk bisa berlatih di lokasi ini. Saat ini Brimob mengatur jadwal untuk pengunaan fasilitas skydiving bagi eksternal umum.

“Mungkin dari Senin sampai Kamis itu untuk internal, tetapi Jumat Sabtu Minggu bisa digunakan untuk eksternal yang lain baik TNI maupun masyarakat,” imbuhnya.(Acep Mulyana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here